nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuasa Hukum Yakin Ratna Sarumpaet Akan Dibebaskan

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 15:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 25 337 2070668 kuasa-hukum-yakin-ratna-sarumpaet-akan-dibebaskan-BRe8BXtVdL.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin meyakini kalau kliennya akan dibebaskan atas kasus penyebaran berita bohong atau hoaks dalam sidang putusan yang akan dibacakan pada Kamis, 11 Juli 2019.

Menurut Insank, Ratna Sarumpaet tidak membuat keonaran dalam kasus penganiayaan seperti yang dituduhkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) melalui pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Kami menilai putusan tanggal 11 nantinya terdakwa Rattna bisa dibebaskan," ujar Insank di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

Baca juga: Minta Dirujuk ke RS karena Darah Tinggi, Hakim Ketua Imbau Ratna Sarumpaet Atur Emosi

Ratna Sarumpaet di persidangan

"Karena unsur dari pasal keonaran pasal 14 itu yang mana unsurya menerbitkan keonaran di kalangan rakyat tidak terbukti secara sah di persidangan," tambahnya.

Lebih lanjut, Insank menjelaskan kalau demontrasi yang dilakukan oleh sejumlah orang, serta unggahan pro dan kontra yang dilakukan pengguna media sosial bukanlah sebuah keonaran dari kasus kliennya.

Baca juga: Ratna Sarumpaet akan Divonis 11 Juli 2019

"Terbukti di persidangan bahwa demonstransi bukan merupakan keonaran, itu yang disampaikan juga oleh ahli," terang Insank Nasruddin.

"Kemudian ahli ITE juga menyampaikan bahwa tidak ada keonaran di media sosial, yang ada hanya lah trending topic. Sehingga ini menunjukan bahwa tidak ada keonaran. Jadi ya kami meyakini (bebas)," tutupnya.

Ratna Sarumpaet di persidangan

Senada dengan kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan yang ditemui usai mendamping sidang pun berharap kalau ibundanya bisa dibebaskan dalam sidang putusan nanti.

"Bebas lah" pungkas Atiqah seraya meninggalkan awak media.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini