nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri: Perpanjangan Izin FPI Sedang Dievaluasi

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 18:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 24 337 2070314 mendagri-izin-perpanjangan-fpi-sedang-dievaluasi-kV85nSMcNT.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (foto: Okezone)

JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya sedang mengevaluasi permohonan izin perpanjangan ormas Front Pembela Islam (FPI). Saat ini, permohonan izin FPI sedang diurus Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri.

"Sekarang sedang diurus oleh Dirjen Polpum. Sedang dievaluasi dulu," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Baca Juga: FPI Sudah Ajukan Perpanjangan Izin ke Kemendagri 

Tjahjo minta semua pihak bersabar soal keputusan izin perpanjangan organisasi massa (ormas) yang dipimpin Habib Rizieq Shihab itu. Ia memastikan, Kemendagri telah membentuk tim untuk mengkaji perpanjangan izin FPI.

Ilustrasi FPI (foto: Okezone) 

"Tapi semua ormas yang memerlukan SKT. Karena ada Ormas yang mendaftarkan diri di Kemenkumham ada, ada yang mendaftarkannya cukup di akta notaris juga ada, ada juga yang mengajukan SKT ke Kemendagri. Tidak prinsip sih," sambungnya

"Tetapi setidaknya yang lewat SKT itu setiap pengajuan kembali akan kita nilai, kita telaah, kita pelajari dulu AD/ART yang terbaru bagaimana, komitmen terhadap NKRI dan Pancasila, itu yang dilihat," tambah politikus senior PDIP itu.

Menurut Tjahjo, apapun keputusan Kemendagri soal perpanjangan izin FPI akan menuai pro dan kontra di mata publik. "Maka ormas yang baik, ormas yang tidak menimbulkan pro kontra, ada kemaslahatan bagi masyarakat dan bangsa," ucap dia.

Baca Juga: FPI Klaim Sudah Perpanjang Izin ke Kemendagri, Tjahjo Kumolo: Belum Ada

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini