Share

Jokowi Hari Ini Menghadiri KTT Ke-34 ASEAN di Thailand

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Sabtu 22 Juni 2019 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 22 337 2069532 jokowi-hari-ini-menghadiri-ktt-ke-34-asean-di-thailand-2JNGh8IhH9.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan pada hari ini, Sabtu (22/6/2019), akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-34 ASEAN di Thailand. Kepala Negara bertolak ke Bangkok melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuna, Jakarta Timur.

Jokowi berangkat menggunakan pesawat kepresidenan menuju Negeri Gajah Putih sekira pukul 08.00 WIB.

(Baca juga: Jokowi Tinjau Pembangunan Runway III Bandara Soetta)

Sejumlah isu akan disampaikan Jokowi dalam pertemuan tahunan bersama para pemimpin negara di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Pertama, Indonesia akan mengajak negara-negara di Asia Tenggara mengantisipasi perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Presiden Jokowi di KTT ASEAN. (Foto: Biro Pers Setpres)

"Agar stabilitas ekonomi ASEAN tetap terjaga. Penting sekali kita ajak negara ASEAN tetap bersatu," kata Jokowi dalam rapat terbatas persiapan keberangkarannya ke KTT ASEAN, beberapa hari lalu.

Jokowi juga akan membawa isu tentang lingkungan dalam dua pertemuan internasional itu. "Berkaitan dengan ‎sampah laut ini juga menjadi isu yang perlu kita angkat," imbuhnya.

(Baca juga: Jokowi: Saya Tidak Pernah Merayakan Ulang Tahun)

Dia pun tetap berkomitmen memperjuangkan isu percepatan perdamaian di Rakhine State, Myanmar. Isu tersebut diketahui kerap disampaikan Jokowi dalam berbagai forum internasional.

"Yang berkaitan dengan percepatan perdamaian di Rakhine State. Itu tiga hal yang akan kita sampaikan di KTT ASEAN," jelasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini