nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Luruskan Informasi soal Patroli Grup WA untuk Cegah Penyebaran Hoaks

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 21 337 2068999 polri-luruskan-informasi-soal-patroli-grup-wa-untuk-cegah-penyebaran-hoaks-sxvcR4lecp.jpg Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo (foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo meluruskan informasi mengenai patroli grup WhatsApp (WA) untuk mencegah maraknya penyebaran hoaks di media sosial (medsos).

"Yang dilaksanakan patroli siber. Tidak dilaksanakan patroli WA," kata Dedi saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (21/6/2019).

Baca Juga: Patroli Grup WA, Polri: Bertujuan Cegah Konten Hoaks hingga SARA

Dedi menuturkan, patroli siber di semua platform media sosial dilakukan karena tren penyebaran hoaks biasanya melalui akun-akun medsos. Polisi baru bisa meneliti alur percakapan seseorang di medsos apabila orang tersebut terbukti secara hukum menyebarkan hoaks.

Special Dialogue Okezone Bersama Karopenmas Divisi Humas Polri Dedi Prasetyo

"Baru kalau tersangka terbukti melakukan pelanggaran hukum maka handphone yang digunakan sarana untuk sebar hoaks akan diteliti oleh labfor digital, baru dicek alur percakapannya," ucap dia.

Diwartakan sebelumnya, Dedi mengatakan, patroli siber dilakukan dalam rangka melakukan pencegahan atau mitigasi terhadap akun-akun yang menyebarkan kontek hoaks di media sosial. Polisi juga akan melakukan literasi digital dalam rangka mitigasi tersebut.

"Kemudian langkah yang kedua adalah melakukan penegakkan hukum Ketika upaya-upaya mitigasi akun-akun yang sudah dipantau itu terus melakukan semburan-semburan, berita-berita, atau konten-konten hoaks, maka dilakukan penegakkan hukum," jelas Dedi di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu 19 November 2019.

Baca Juga: Kronologi Pengungkapan Kasus Hoaks Server KPU yang Di-setting Menangkan Jokowi

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini