nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Perpanjang Masa Penahanan Romahurmuziy 30 Hari ke Depan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 22:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 20 337 2068952 kpk-perpanjang-masa-penahanan-romahurmuziy-30-hari-ke-depan-a6o9L9VTIL.jpg Romahurmuziy (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang masa penahanan tersangka kasus jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Romahurmuziy atau Romi. Perpanjangan dilakukan untuk 30 hari ke depan.

"Hari ini, dilakukan perpanjangan penahanan selama 30 hari untuk RMY, dimulai tanggal 25 juni 2019 sampai 24 juli 2019," ucap Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Masa perpanjangan penahanan Romi sendiri dilakukan setelah dirinya beberapa kali dibantarkan karena alasan sakit. Sebab, masa penahanan tidak akan dihitung jika seseorang tersangka dibantarkan ke rumah sakit.

Baca Juga: Lewat Surat, Romi Sampaikan Keluhan Penghuni Rutan KPK 

Sebelumnya, Romi sempat dibantarkan alias ditunda penahanannya semenjak dirawat di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, pada 2 Maret 2019. Romi sudah sebulan dibantarkan karena sakit gangguan pencernaan.

 Romahurmuziy

Kemudian, KPK mencabut masa pembantaran atau penundaan penahanan sementara Romi pada Kamis 2 Mei‎ 2019 malam. Romi kembali dijebloskan ke Rutan KPK setelah tim dokter memastikan mantan Ketua Umum PPP tersebut tidak perlu lagi dirawat inap.

Romi ditetapkan tersangka oleh KPK karena diduga terlibat kasus jual-beli jabatan di Kemenag. Bukan hanya Romi, ada dua orang lainnya yang juga menjadi tersangka yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin.

Baca Juga: Haris Hassanudin Sebut Ada Honor Tambahan untuk Menag Lukman saat Jadi Pemateri 

Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin diduga telah menyuap Romi untuk mengurus proses lolos seleksi jabatan di Kemenag. Adapun, Muhammad Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Sedangkan Haris, mendaftar sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini