nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Batal Hadir, KPK Panggil Ulang Menag Lukman dan Khofifah Pekan Depan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 17:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 19 337 2068385 batal-hadir-kpk-panggil-ulang-menag-lukman-dan-khofifah-pekan-depan-eQFWlk9bXd.jpg Gedung KPK.

JAKARTA - Kesaksian Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dinilai sangat diperlukan dalam sidang perkara jual-beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Namun keduanya tidak hadir untuk dimintai kesaksiannya bagi terdakwa Haris Hassanudin dan Muafaq Wirahadi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) hari ini, Rabu (19/6/2019).

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wawan Yunarwanto mengatakan, keduanya belum bisa menghadiri persidangan lantaran tengah bertugas. Menag Lukman sedang dinas ke luar negeri sementara Khofifah juga memiliki kegiatan UPS BUMD.

"Agenda berikutnya kami akan hadirkan lagi sidang berikutnya yang diagendakan Rabu (26/6) depan," kata Wawan di Pengadilan Tipikor.

Foto: Kemenag

Wawan berharap, baik Khofifah maupun Lukman Hakim bisa memenuhi pemanggilan tersebut, agar bisa memberikan keterangan di pengadilan, salah satunya terkait usulan penunjukkan Haris sebagai Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

"Dari fakta yg didapat kita hanya ingin mengkonfirmasi apakah ada keterlibatan Bu Khofifah dalam penunjukan Haris sebagai Kakanwil Kemenag Jatim," ujarnya.

Khofifah.

Selain Lukman Hakim dan Khofifah, Jaksa KPK juga memanggil tiga orang saksi lainnya, yakni pengasuh Pondok Pesantren Ammanatul Ummah Asep Saifudin, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Moh Amin Mahfud dan Syaikhul Hadi.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan tiga orang tersangka terkait kasus dugaan suap jual-beli jabatan di lingkungan Kemenag. Ketiganya yakni M Romahurmuziy (Romi), Muafaq Wirahadi, dan Haris Hasanuddin.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini