nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Undang Pelaku UMKM ke Istana untuk Minta Masukan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 16:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 18 337 2067917 jokowi-undang-pelaku-umkm-ke-istana-untuk-minta-masukan-4Hc9qXFsJy.jpg Presiden Jokowi undang pelaku UMKM ke Istana (Foto: Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) ke Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Dalam pertemuan itu, Jokowi ingin meminta masukan agar pemerintah bisa menyusun kebijakan yang mendukung para pelaku UMKM.

Kepala Negara menerangkan pihaknya mencatat sekitar 62,9 juta unit pelaku UMKM. Sehingga, ia ingin kebijakan pemerintah bisa membantu para pelaku UMKM tersebut dalam mengembangkan usahanya.

"Saya ingin agar sore hari ini mendapatkan masukan-masukan dalam rangka mendesain kebijakan utamanya yang berkaitan dengan usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah," kata Jokowi.

Jokowi mengundang perwakilan UMKM dari Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo), Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumandiri), serta Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo).

Baca Juga:  Jokowi Terima Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK 2019-2023

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, saat ini masyarakat memiliki kesempatan yang luas untuk mengembangkan UMKM. Menurut dia, pemerintah akan mendorong dengan berbagai kebijakan yang dapat dimanfaatkan, baik usaha jasa, usaha perdagangan atau industri kecil, dan industri menengah.

"Dan saya sendiri mengalaminya (merintis usaha) mulai dari, betu-betul mulai dari nol," ujarnya.

 Jokowi

Ia juga meminta masukan kepada pelaku UMKM terkait dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang diberikan oleh pemerintah. Meski demikian, Jokowi mengingatkan fasilitas bantuan yang terlalu banyak terkadang bisa melemahkan entrepreneurship.

"Fasilitas perlu tapi juga jangan sampai melemahkan karakter entrepreneurship yang kita miliki. Jadi kalau usulannya terlalu banyak. Nanti kami malah lupa," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Ajak Jan Ethes Melepas Pawai Pesta Kesenian Bali

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini