Share

KPK Bakal Setor Rekam Jejak Capim ke Pansel

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 17 Juni 2019 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 17 337 2067447 kpk-bakal-setor-rekam-jejak-capim-ke-pansel-xsMdZ4IrPu.jpg Juru Bicara KPK, Febri Diansyah (foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyetorkan rekam jejak calom pimpinan lembaga antirasuah jilid V ke Panitia Seleksi (Pansel). Ada beberapa indikator yang akan diamati oleh KPK terkait rekam jejak capim lembaga antirasuah jilid V.

Indikator tersebut salah satunya terkait aspek integritas yang mencakup kepatuhan terhadap hukum, konsisten pada nilai kebenaran, jujur dan memiliki reputasi yang baik. Kemudian, loyalitas kepada institusi‎ dan visi misi KPK dengan mengesampingkan kepentingan pribadi atau golongan dalam pelaksanaan tugas.

"Beberapa indikator ini juga menjadi poin yang akan digunakan KPK dalam memberikan informasi tentang rekam jejak para calon Pimpinan," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2019).

 (Baca juga: Pansel KPK: Presiden Minta Kami Hasilkan Komisioner yang Baik)

(Baca juga: Saut Tak Ingin Daftar Lagi sebagai Calon Pimpinan KPK)

Korupsi

Febri berharap darimanapun asal dan latar belakang calon pimpinan KPK mendatang, diharapkan dapat mengesampingkan kepentingan pribadi maupun golongan.‎ Pun demikian, dengan sikap tegas yang harus dimiliki pimpinan KPK selanjutnya dalam pelaporan harta kekayaan.

"Penyelenggara Negara wajib melaporkan seluruh hartanya, tidak ada yang disembunyikan dan melaporkan secara periodik‎," imbunya.

Febri juga menyinggung soal aspek independensi kelembagaan KPK yang harus diperhatikan oleh capim KPK. Sebagaimana diatur dalam Pasal 3 UU KPK berbunyi bahwa lembaga negara yang dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan manapun.

"Bekerja secara independen dan menjauhkan diri dari konflik kepentingan merupakan aspek mutlak yang perlu diterapkan oleh KPK," katanya.

Sekadar informasi, pendaftaran Calon Pimpinan KPK jilid V telah resmi dibuka pada Senin, 17 Juni 2019.‎ Untuk mendukung penyebarluasan informasi proses seleksi ini, kpk.go.id ‎juga memberikan informasi tentang Pengumuman Pendaftaran Seleksi Calon Pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini