nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wiranto Sudah Maafkan Kivlan Zen

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 17:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 17 337 2067438 wiranto-sudah-maafkan-kivlan-zen-lx5vjWIyer.jpg Menko Polhukam Wiranto

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku sudah membaca surat permohonan perlindungan hukum dan permintaan penangguhan penahanan dari Mantan Kepala Staf Kostrad Kivlan Zen.

Kivlan Zen saat ini terbelit beberapa perkara yang membuatnya ditahan aparat kepolisian. Di antaranya kasus dugaan kepemilikan senjata ilegal terkait kerusuhan 22 Mei, dugaan rencana pembunuhan sejumlah tokoh dan dugaan makar.

"Sudah ada, surat sudah masuk ke saya dan barangkali sudah masuk ke Kemenhan," kata Wiranto kepada wartawan di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

Kivlan Zen

(Baca Juga: Sempat Sakit Gigi, Pemeriksaan Kivlan Zen Dilanjutkan Hari Ini)

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) ini mengatakan dirinya secara pribadi sudah memaafkan Kivlan Zen. Namun, ia menegaskan proses hukum terhadap yang bersangkutan akan tetap berjalan tanpa bisa diintervensi siapapun.

"Secara pribadi saya memaafkan. Tetapi sebagai Menko Polhukam tidak mungkin saya mengintervensi hukum. Hukum tetap berjalan, tak bisa diintervensi siapapun," jelas Wiranto.

Ketua Dewan Pembina Partai Hanura itu menegaskan, proses hukum terhadap Kivlan Zen beserta pihak-pihak lain akan berjalan hingga tuntas. Ia berjanji tidak akan mengintervensi kasus tersebut. Bila nanti ada keringinan atau pengampunan hukum, ia menyerahkan sepenuhnya pada keputusan yang diambil.

"Maka hukum tetap hukum untuk berjalan sampai tuntas. Nanti soal keringanan, pengampunan, ada diujung pada saat nanti pelaksanaan hukum itu," ucap Wiranto.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini