nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Golkar Dinilai sebagai Salah Satu Partai Pendukung Jokowi yang Paling Solid

Antara, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 14:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 16 337 2067036 golkar-dinilai-sebagai-salah-satu-partai-pendukung-jokowi-yang-paling-solid-j9X8jEZvxj.jpg Ketum Golkar Airlangga Hartarto bersama Wapres Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

JAKRTA - Golkar adalah salah satu partai mendukung pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada gelaran Pilpres 2019. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, Golkar menjadi salah satu partai yang paling solid mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Golkar merupakan salah partai yang paling solid pasang badan dan mendukung Jokowi," kata Adi seperti dikutip dari Antaranews, Minggu (16/6/2019).

Adi mengatakan, menteri dan anggota DPR dari Golkar terlihat secara penuh mendukung Jokowi. Mulai dari dukungan politik hingga kontra narasi mengatasi isu-isu negatif terhadap pemerintah.

Selain itu, sambungnya, Airlangga juga dipandang mampu mengonsolidasi berbagai elemen faksi politik di Golkar menjadi satu kekuatan yang solid.

​​​​​

Jokowi dan Airlangga

​Hal tersebut menurutnya, tidak lepas dari kemampuan Airlangga menjaga soliditas internal Golkar dengan stabil. "Ini bukan perihal mudah karena Golkar memiliki 'DNA' gejolak internal yang dinamis," kata dia. ​​​​​​

Dia menyatakan hampir tidak ada protes apapun selama Airlangga memimpin Golkar. Mulai dari kebijakan loyal di koalisi pilpres hingga soal komposisi di partai dan Senayan.

Atas dasar itu, kata dia, saat ini tidak ada peristiwa luar biasa yang dapat menjadi alasan untuk mempercepat Munaslub Golkar.

Dia mengatakan Airlangga sejauh ini mampu mengonsolidasi semua unsur kekuatan Golkar terutama di masa turbulensi yang terjadi pasca-Setya Novanto lengser dari posisi ketua umum.

"Buktinya perolehan pileg Golkar sangat signifikan. Padahal Golkar sempat dihantam turbulensi politik akibat kasus Setnov," kata dosen UIN Syarif Hidayatullah itu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini