Peristiwa 16 Juni: Perang Belasting di Sumbar hingga Abu Bakar Ba'asyir Divonis 15 Tahun Penjara

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 16 Juni 2019 06:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 16 337 2066939 peristiwa-16-mei-perang-belasting-di-sumbar-hingga-abu-bakar-ba-asyir-divonis-15-tahun-penjara-gEINulbtBd.jpg Abu Bakar Ba'asyir. (Foto: Ist)

JAKARTA – Berbagai peristiwa bersejarah dan penting terjadi pada 16 Juni. Beberapa di antaranya adalah Perang Belasting di Sumatera Barat hingga Ustadz Abu Bakar Ba'asyir divonis hukuman 15 tahun penjara.

Guna mengingat serta menambah wawasan sejarah, Okezone kembali merangkum peristiwa penting yang berlangsung pada 16 Mei, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Minggu (16/6/2019):

632 – Yazdegerd III Naik Takhta Menjadi Raja Persia

Yazdegerd III adalah penguasa ke-38 dan terakhir dari Kekaisaran Sasaniyah di Iran. Ayahnya adalah Shahriyar dan kakeknya adalah Khosrau II (590–628).

Ia naik takhta pada 16 Juni 632 ketika masih berusia 8 tahun, setelah serangkaian konflik internal. Yazdegerd III sekaligus menjadi penguasa terakhir dari Dinasti Sassanid (sekarang Iran).

1746 – Perang Suksesi Austria dan Sardinia Kalahkan Prancis-Spanyol

Perang ini melibatkan hampir seluruh kekuatan di Eropa, kecuali Persemakmuran Polandia-Lituania, Imperium Portugis, dan Kesultanan Utsmaniyah. Perang bermula dengan dalih bahwa Maria Theresa dari Austria tidak berhak meneruskan takhta Habsburg dari bapaknya, Charles VI, karena hukum melarang pewarisan takhta pada seorang perempuan, meskipun dalam kenyataan ini adalah sebuah alasan yang diberikan oleh Prussia dan Prancis untuk menantang Habsburg.

Austria didukung oleh Kerajaan Britania Raya dan Republik Belanda, musuh bebuyutan Prancis, serta Kerajaan Sardinia dan Sachsen. Prussia dan Prancis bersekutu dengan Elektorat Bayern. Perang berakhir dengan ditandatanganinya Traktat Aix-la-Chapelle pada 1748.

1755 – Perang Tujuh Tahun Prancis-Indian Melawan Britania-Amerika

Ini adalah bagian dari Perang Tujuh Tahun yang terjadi antara 1754 hingga 1763. Nama ini merujuk ke bagian Perang Tujuh Tahun yang terjadi di daerah yang sekarang bernama Amerika Serikat dan Kanada.

Perang itu terjadi antara Prancis dengan sekutunya dari Suku Indian melawan Britania-Amerika dan sekutu Indian-nya. Perang ini disebut perang penaklukan di Quebec dan Ontario, Kanada.

1908 – Perang Belasting di Sumbar Tolak Peraturan Bayar Pajak Tanah ke Hindia Belanda

Perang Belasting merupakan perang bersenjata pada 15–16 Juni 1908 yang melibatkan rakyat Sumatera Barat melawan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda akibat penerapan pajak (bahasa Belanda: belasting) langsung kepada masyarakat.

Perlawanan masyarakat atas pemberlakuan pajak langsung ini dibalas oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda dengan reaksi keras mengirimkan marechaussee (marsose) ke daerah konflik tersebut yang akhirnya menimbulkan korban jiwa dari masyarakat maupun tentara kolonial.

Perang belasting ini diawali di Kamang, kemudian menyebar pada kawasan lain seperti Manggopoh, Lintau Buo, dan lain-lain.

1983 – Yuri Andropov Menjadi Presiden Uni Soviet

Yuri Andropov adalah seorang politikus berkebangsaan Uni Soviet. Ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet yang ketiga sejak 12 November 1982 hingga kematiannya 15 bulan kemudian pada 9 Februari 1984.

2011 – Abu Bakar Ba'asyir Divonis 15 Tahun Penjara oleh Majelis PN Jaksel

Abu Bakar Ba'asyir bin Abu Bakar Abud atau biasa dipanggil Ustadz Abu dan Abdus Somad lahir di Jombang, Jawa Timur, pada 17 Agustus 1938.

Ia merupakan seorang tokoh Islam di Indonesia keturunan Arab Saudi. Ba'asyir juga pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) serta salah seorang pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu'min.

Berbagai badan intelijen menuduh Ba'asyir sebagai kepala spiritual Jamaah Islamiyah (JI), sebuah kelompok separatis yang mempunyai kaitan dengan Al Qaeda.

Walaupun membantah menjalin hubungan dengan JI atau terorisme, Ba'asyir kemudian dihukum 15 tahun penjara setelah terbukti terlibat dalam pendanaan latihan teroris di Aceh dan mendukung terorisme di Indonesia.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini