nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chat WA Anggota Polda Metro Jaya Hina TNI dan Dukung Jokowi Hoaks

Ade Putra, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 10:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 15 337 2066730 chat-wa-anggota-polda-metro-jaya-hina-tni-dan-dukung-jokowi-hoaks-kW0wVDXRei.jpg Informasi bohong (Foto: Ist)

BEREDAR sebuah foto tangkapan layar percakapan WhatsApp (WA) berisi anggota Polri menghina TNI. Dalam foto tersebut, seorang anggota Polda Metro Jaya bernama Briptu Anton Sihotang digambarkan mengirimkan chat yang berisi hinaan kepada TNI.

Percakapan itu antara lain berbunyi: "Biarkan kepolisian jaya dan memegang kendali agar TNI tidak songong lagi, biar lemah muak dengan TNI." Selain itu, masih banyak kalimat-kalimat yang kurang mengenakan dari percakapan tersebut.

(Baca Juga: Beredar Video Lahan TNI AL Dieksekusi Pengembang China, Ini Faktanya

Terkait hal itu, Polri angkat bicara. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, memastikan, foto yang telah beredar tersebut tidak benar alias hoaks.

"Telah beredar di media sosial screenshoot atas nama Briptu Anton Sihotang yang seolah-olah membuat postingan yang berisi mengadu domba TNI dan Polri padahal WhatsApp dan nomor yang digunakan Briptu Anton Sihotang masih berjalan normal," ujar Argo dalam keterangannya, Jumat 14 Juni 2019.

Ilustrasi 

Ia menuturkan, cara yang dilakukan pelaku adalah dengan membuat akun WhatsApp yang seolah-olah menampilkan nomor dan nama korban dengan menggunakan nomor telepon yang lain.

"Briptu Anton Sihotang adalah anggota Dit Polair Polda Metro Jaya dan saat ini telah melaporkan ke Krimsus Polda Metro Jaya. Maka screenshot tersebut adalah tidak benar alias hoaks," ujarnya. 

Saat ini, lanjut Argo, laporan Briptu Argo telah teregristrasi dengan nomor LP/3578/vi/2019/pmj tanggal 14 Juni 2019.

(Baca Juga: Heboh Kabar 10 Orang Tewas Terseret Ombak karena Hal Mistis, Berikut Faktanya!

Untuk diketahui, sudah ada aplikasi fake chat berbagai platform khusus smartphone. Khusus di android, pengguna dapat meng-downloadnya dengan menulis "Fake Chat" pada kolom pencarian. Maka, akan banyak pilihan aplikasi. Teratas, fake chat WhatsApp. Namun, aplikasi ini sering disalahgunakan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini