nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Penembakan saat Kerusuhan 22 Mei, Polri: Bisa Saja dari Petugas

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 19:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 13 337 2066184 soal-penembakan-saat-kerusuhan-22-mei-polri-bisa-saja-dari-petugas-bjAhw4BSzo.jpg Kepala Divisi Humas (Kadiv Humas) Mabes Polri Irjen M Iqbal (foto: Okezone)

JAKARTA - Pelaku penembakan yang menggunakan peluru tajam hingga menewaskan beberapa massa dalam kerusuhan 21-22 Mei lalu, masih misterius.

Menurut Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Mohammad Iqbal, banyak kemungkinan terkait pelaku penembakan tersebut. Dia mengatakan, bisa saja pihak ketiga yang memanfaatkan momen kerusuhan atau dari aparat penegak hukum saat terdesak dan terancam keselamatannya.

Baca Juga: Polri dan Komnas HAM Bentuk Tim Investigasi Kericuhan 21-22 Mei 

Berlangsung hingga Kamis Dini Hari, Aksi 22 Mei di Depan Bawaslu Rusuh

"Mungkin saja ada pihak-pihak lain yang belum sempat kita gagalkan, yang saat ini kami sedang bekerja. Mungkin saja itu, pihak-pihak ketiga. Yang lain kita belum tahu siapa? Bisa saja dari petugas," ungkap Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2019).

Iqbal pun menjelaskan kepada semua pihak terkait ucapannya ini agar tak disalah artikan jika kemungkinan pelaku adalah aparat. Pasalnya, para perusuh menyerang aparat, baik yang sedang menjalankan tugas pengamanan, begitu pula penyerangan terjadi di Asrama Brimob Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Barat.

"Tolong dipahami, jangan diambil celah dari pembicaraan ini, bahwa saya mengatakan petugas. Tapi bisa saja petugas itu bukan dari personel pengamanan. Bisa saja petugas non tugas yang diserang, dijarah, dibakar," tegas Iqbal.

"Itu kan ada (serangan) Asrama (Brimob) Petamburan, ada instalasi-instalasi polisi yang diserang. Kan bisa saja (menembak) itu untuk (keselamatan) anak-anaknya, istrinya. Itu sedang didalami," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Masih Selidiki Penyebab Kematian 9 Korban saat Kerusuhan 21-22 Mei 

Meski demikian, Iqbal belum bisa merinci secara detail mengenai korban-korban dalam kerusuhan 21-22 Mei lalu. Saat ini, lanjut dia, Polri masih melakukan penyelidikan lebih dalam.

"Saya sejak pertama sampai detik ini belum menyampaikan detail soal korban, kenapa? Tim sedang bekerja. Tidak ada niat untuk menutup-nutupinya," ucap dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini