nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Sidang Perdana Gugatan Prabowo ke MK, Muncul Hoaks Adu Domba TNI dan Polri

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 16:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 13 337 2066119 jelang-sidang-perdana-gugatan-prabowo-ke-mk-muncul-hoaks-adu-domba-tni-dan-polri-6Ub3pUOGIi.jpg Ilustrasi Berita Bohong alias Hoaks (foto: Shuttestock)

BANDUNG - Jelang sidang gugatan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), pada Jumat 14 Juni 2019, beredar informasi hoaks yang menyebutkan Polri seolah-olah mendiskreditkan TNI.

Diketahui, beredar foto Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo dengan tulisan; buat anggota TNI, tunggu ya sebentar lagi UU kami yang baru disahkan UU Polri yang bisa nangkap langsung kami memproses BAP kami dan memenjarakan kamu di Lapas Sipil. Terima kasih PDIP dan Jokowi kalian telah mendukung cita-cita niat dan keinginan Polri masa kini.

Baca Juga: Survei: Berita Palsu Masalah Lebih Besar Dibanding Terorisme 

Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, TNI dan Polri solid. Informasi hoax yang beredar salah satu upaya mengadu domba TNI dan Polri.

"Itu adalah upaya mengadu domba TNI dan Polri," ujarnya di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (13/6/2019).

Ilustrasi Hoaks (foto: Ist) 

Pasca Pilpres 2019, keamanan dalam negeri diuji oleh sejumlah upaya kerusuhan di Jakarta, salah satunya peristiwa 21-22 Mei. Keamanan dalam negeri ‎akan diuji lagi selama sidang perkara sengketa Pilpres 2019 di MK.

"Situasi ini diperlukan soliditas TNI dan Polri. Tapi beberapa pihak menginginkan keduanya solid," ujar Trunoyudo.

Soliditas TNI-Polri pun dijamin pula oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen Tri Soewandono. "Saya jamin soliditas TNI-Polri. Bisa dilihat, sampai dengan saat ini kita selalu bersama dilapangan," kata Tri.

Baca Juga: Polisi Tangguhkan Penahanan Dokter dan Dosen Tersangka Penyebar Hoaks Aksi 22 Mei 

Bahkan, dia akan menindak tegas jika ada oknum prajurit TNI yang tidak melaksanakan soliditas TNI-Polri. Karena menurutnya jika dibiarkan, hal itu bakal merusak kesoliditas di tubuh TNI-Polri.

"Saya akan menindak tegas bagi oknum TNI yang tidak melaksanakan perintah untuk melaksanakan soliditas karena kalau kita tidak tegas itu akan jadi bibit-bibit yang tidak bagus, kita tetap berusaha dengan pak Kapolda menjaga Jabar karena kalau aman, pembangunan lancar," ucap Tri.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini