nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Habil Marati Sudah Ditangkap, Barang Bukti Ini Diamankan Polisi

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 19:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 11 337 2065441 habil-marati-sudah-ditangkap-barang-bukti-ini-diamankan-polisi-UJnUXsJDgh.jpg Habil Marati sosok yang disebut sebagai penyandang dana ke Kivlan Zen sudah ditangkap polisi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Polisi telah mengungkap peran Habil Marati (HM) sebagai salah satu tokoh yang dianggap bertanggung jawab sebagai pemberi dana terkait kasus kepemilikan senjata api ilegal dan perencanaan pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional dan seorang pimpinan lembaga survei.

Wadir Krimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary mengatakan HM saat ini sudah ditangkap dikediamannya sejak dua pekan lalu dan telah ditetapkan sebagai tersangka. "HM ditangkap di rumahnya pada Rabu, 29 Mei 2019," kata Ade di Kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2019).

Petinggi Polri konferensi pers di Kemenko Polhukam (Foto: Rizky/Okezone)

(Baca Juga: Kivlan Zen Dapat Rp150 Juta dari Habil Marati untuk Beli Senjata Api)

Dari penangkapan itu, kata dia, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa handphone dan print out bank. "Dari tangan tersangka HM kami sita handphone untuk melakukan komunikasi dan print out bank dari tersangka HM," paparnya.

Adapun lanjut Ade, dalam kasus ini HM berperan memberikan dana Rp150 juta kepada Kivlan Zen untuk dibelikan senjata dan kebutuhan operasional dalam perencanaan pembunuhan tokoh nasional tersebut.

"Tersangka HM ini berperan memberikan uang. Jadi uang yang diterima tersangka KZ (Kivlan Zen) berasal dari HM, maksud tujuan untuk pembelian senjata api. Juga memberikan uang Rp60 juta rupiah langsung kepada tersangka berinisial HK untuk biaya operasional dan juga pembelian senjata api," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini