nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Pelaku Perakit Bom Kartasura Berbaiat ke ISIS lewat Medsos

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 16:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 10 337 2065017 2-pelaku-perakit-bom-kartasura-berbaiat-ke-isis-lewat-medsos-NCqSKLiGA5.jpg Ilustrasi Terorisme (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra mengatakan jika AA alias umar dan S yang diduga terlibat dalam pengeboman di Kartasura, Jawa Tengah, sudah membaiatkan diri pada pimpinan ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi.

“Kemudian kaitan dengan jaringan berdasarkan pengembangan dari pemeriksaan yang ada mereka ini sama-sama simpatisan dari ISIS dan berbaiat langsung kepada Abu Bakar al-baghdadi,” ungkap Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2019).

Asep menyebutkan, bila cara mereka melakukan berbaiat kepada ISIS tidak melakukan secara langsung, melainkan melalui media sosial.

“Dia berbaiat ini tidak secara langsung, melalui media sosial jadi dengan metode atau dengan sarana itu mereka menganggap itu sudah bagian daripada mereka berbaiat,” ucap Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra.

Baca Juga: Polisi Selisik Komunikasi Pelaku Bom Bunuh Diri Pospam Kertasuro dengan ISIS

Teroris

Sejauh ini, pihak Densuss 88 tengah melakukan pemeriksaan secara intensif kepada seluruh tersangka. Baik pelaku RA ataupun AA alias umar dan S.

“Jadi saat ini seluruh tersangka masih dalam pemeriksaan yang intensif oleh rekan-rekan Densus,” imbuh Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra.

Sekedar diketahui, seorang pelaku menggunakan bom pinggang saat meledakan Pos pemantauan mudik Lebaran Tugu Kartosuro, Solo, Jawa Tengah. Akibat ledakan bom bunuh diri itu, pelaku tersebut menderita luka di perut dan tangan kanan.

Dari hasil pemeriksaan sementara bom yang digunakan pelaku diketahui memiliki daya ledak yang rendah atau Low Exsplosive. Kejadian itu, terjadi di depan pos pengamanan lebaran di Kartosuro, Jawa Tengah, Senin malam, 3 Juni 2019 sekitar pukul 22.30 WIB.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini