Peristiwa 10 Juni: Persahabatan Indonesia-Mesir Dimulai, Artis Julia Perez Meninggal

Edi Hidayat, Okezone · Senin 10 Juni 2019 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 10 337 2064817 peristiwa-10-juni-persahabatan-indonesia-mesir-dimulai-artis-julia-perez-meninggal-dRKqVW1XNZ.jpg Mendiang Jupe di Mesir (Foto: Instagram)

JAKARTA - Beragam peristiwa penting dan bersejarah pernah terjadi pada 10 Juni. Pada tanggal tersebut, banyak peristiwa yang membanggakan sekaligus kesedihan.

Salah satunya adalah peresmian tentang perjanjian persahabatan Republik Indonesia - Mesir. Lalu apa berita kesedihannya?

Oleh sebab itu, Okezone merangkum beberapa peristiwa pada tanggal 10 Juni. Berikut peristiwa-peristiwa penting tersebut:

Tahun 1947: Perjanjian persahabatan Republik Indonesia - Mesir ditandatangani di Kairo.

Mesir

Indonesia diwakili Menteri Luar Negeri Agus Salim, Mesir diwakili Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Nokrashi Pasha. Langkah ini menandai munculnya pengakuan internasional atas Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat.

Tahun 2009: Peresmian Jembatan Suramadu antara Pulau Madura dan Pulau Jawa, yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

Suramadu

Adapun sang penggagas ide pembangunan adalah Presiden Pertama RI Soekarno. Awalnya, disikapi oleh Soeharto dan kemudian dibangun pada masa Megawati. Begitulah sejarah panjang pembangunan Jembatan Suramadu.

Sedangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak selaku pihak yang meresmikannya pada 10 Juni.

Jembatan Suramadu sepanjang 5.438 meter itu, di era Megawati biaya pembangunannya dianggarkan Rp2,82 triliun.

Tahun 2017- Aktris multitalenta Julia Perez atau yang akrab disapa Jupe meninggal dunia.

Jupe dan Mesir

Berjuang melawan kanker serviks bukan hal mudah. Selama beberapa tahun, artis Julia Perez gigih berjuang untuk sembuh dari penyakit kanker yang menjalar di tubuhnya.

Sejak divonis menderita kanker, Jupe telah melakukan semua cara agar kesehatannya kembali seperti sedia kala. Dukungan sahabat dan keluarga menjadi bagian dari kekuatan Jupe bisa bertahan hingga akhirnya menghembuskan nafasnya pada 10 Juni 2017.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini