nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips dari Menkes bagi Pemudik: Jangan Sampai Dehidrasi, Siapkan Obat-obatan

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 09 Juni 2019 13:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 09 337 2064657 tips-dari-menkes-bagi-pemudik-jangan-sampai-dehidrasi-siapkan-obat-obatan-h5YgbR26cC.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

SALATIGA - Menteri Kesehatan Nilla F. Moeloek memberikan tips kepada para pemudik yang hendak kembali ke tempat kerja.

Puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 8-9 Juni bisa mengakibatkan penumpukan kendaraan.

"Saya kira memang betul kalau terjebak macet umumnya mobil itu kan nyala AC-nya, dan itu memang yang kita harus imbau agar jendela dibuka supaya udaranya bisa masuk," kata Nilla saat meninjau Arus Balik di Terminal Bus Tipe A Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019).

Nilla juga mengimbau masyarakat yang terjebak macet agar tetap berhati-hati dan fokus dalam berkendara.

"Terutama itu jangan sampai dehidrasi, air minum itu harus dibawa dalam hal ini dan obat-obatan juga jangan lupa. Biasanya memang kalau macet ini kekurangan oksigen dan ini yang harus kita hati-hati," jelasnya.

BacaBiar Tak Ngantuk, Polisi Bagikan Kopi ke Pemudik di Jalur Riau-Sumbar

BacaArus Balik, 200 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta

Foto/Okezone

Dalam kegiatan itu, dia juga bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Mereka mengecek kesehatan sopir dan kelayakan bus yang akan mengantar pemudik kembali ke tempat kerja. Setiap sopir dipastikan kondisinya prima, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Di sini kami melihat beberapa hal yang penting-penting diantaranya kesehatan. Tadi saya mengecek fasilitas kesehatan dan kondisi kesehatan pengemudi bus. Hasilnya menggembirakan, kondisi sopir tetap terjaga kesehatannya dengan tensi yang baik,” jelas Budi Karya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini