nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Sebut Ani Yudhoyono Flamboyan, AHY: Kami Meneteskan Air Mata

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 15:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 05 337 2063893 jokowi-sebut-ani-yudhoyono-flamboyan-ahy-kami-meneteskan-air-mata-tryVvYaaWk.jpg AHY dan keluarga ke Istana (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyebut almarhumah Ani Yudhoyono dengan sebutan bunga Flamboyan dalam upacara militer pemakaman istri Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di TMP Kalibata.

Sebutan bunga Flamboyan itu diketahui merupakan panggilan sayang SBY untuk Ani Yudhoyono. Bunga Flamboyan itu bahkan dijadikan sebuah judul puisi oleh SBY yang ditujukan kepada istri tercintanya tersebut.

 Baca juga: Jokowi: Ibu Ani Telah Pergi Namun Tetap Hidup di Hati Seluruh Rakyat Indonesia

"Pidato beliau juga yang sangat mengharukan menyentuh hati kami bahkan menggunakan istilah Flamboyan telah pergi tetapi akan selalu di hati. Kami meneteskan air mata karena memang dari dulu Pak SBY memanggil dengan sebutan Flamboyan bagi Bu Ani, itu sejak beliau taruna di Akademi Militer," kata Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

 AHY

AHY hadir terlambat dalam acara open house Jokowi di Istana Negara. Dia datang bersama adiknya, Edhi Baskoro Yudhoyono, Annisa Pohan, dan Aliya Rajasa.

 Baca juga: Wapres JK: Ibu Ani Yudhoyono Perempuan Hebat di Balik Kesuksesan SBY

AHY melanjutkan, SBY mengibaratkan Ani Yudhoyono dengan bunga Flamboyan bukan tanpa sebab. Menurut dia, di mata SBY, putri Sarwo Edhi Wibowo merupakan perempuan yang teguh, kuat, inspiratif, dan penyayang keluarga.

"Dan kemarin kembali diangkat dalam proses pemakaman itu, itu menghadirkan kembali banyak sekali memori kenangan bahwa memang Ibunda Ani itu seorang yang teguh kuat, dan inspiratif. Insya Allah selalu menyayangi keluarga serta masyarakat Indonesia dimanapun berada," terangnya.

Mewakili keluarga, AHY juga menghanturkan rasa terima kasihnya kepada Jokowi yang berkenan menjadi Irup pemakaman ibunya itu.

 Baca juga: Kutip Surat Al Fajr, Hatta Rajasa Mohon Keikhlasannya untuk Kepergian Ani Yudhoyono

Ia menerangkan, kedatangannya bersilaturahmi saat Lebaran ke Jokowi merupakan sebuah tradisi yang telah dimulai sejak tahun lalu di Istana Bogor. Dalam pertemuan itu, Jokowi juga didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Kaesang Pengareb.

"Saya berterima kasih Pak Presiden dan Ibu Negara menerima kami dengan sangat baik dengan suasananya sangat kekeluargaan. Saya tahu beliau persiapan menuju Solo. Saya menyampaikan Idul Fitri dan ucapan terimakasih atas kesediaan beliau menjadi inspektur upacara dalam sebuah prosesi pemakaman militer yang begitu terhormat bagi ibunda kami tercinta," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini