nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Temukan Bahan Bom Rakitan di Rumah Pelaku Bom Pospam Tugu Kartosuro

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 16:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 04 337 2063681 polisi-temukan-bahan-bom-rakitan-di-rumah-pelaku-bom-pospam-tugu-kartosuro-bAtsnlCzYg.jpg Rumah terduga teroris di Kertasuro (foto: Bramantyo/Okezone)

JAKARTA - Polisi melakukan penggeledahan dikediaman Rofik Asharudin pelaku bom bunuh diri Pos pemantauan mudik Lebaran Tugu Kartasura, Solo, Jawa Tengah. Dalam operasi itu polisi menemukan barang bukti yang diduga untuk dijadikan bahan perakitan bom.

"Kemudian Densus 88 bersama labfor menyita di kediaman orang tua pelaku. cukup banyak barang disita," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dikantornya, Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2019).

Adapun barang bukti yang disita antara lain adalah, dua plastik berisi belerang, satu plastik fotasium florat, kemudian campuran belerang dengan fotasiun florat dan arang atau black powder di dua box.

 Rumah Terduga Bom Bunuh Diri

Kemudian ada rangkaian elektronik, ada empat Switch (tombol pemicu) yang digunakan sebagai Switcing, kemudian ada baterai, kemudian serbuk putih yang diduga nitrat satu kantong, kemudian satu plastik arang, dua plastik berupa kabel warna kuning maupun ada juga didalamnya kabel, serta dan batu ukuran 9V.

"Kemudian ada rangkaian baterai 3v, kemudian ada satu pipa diameter 2cm panjang 15 cm. Kemudian ada detobator manual warna putih dan kabel hijau, ada solder dan sisa paku," ujar Dedi.

 Lokasi Bom Bunuh Diri

Sekadar diketahui, pelaku menggunakan bom pinggang saat meledakan Pos pemantauan mudik Lebaran Tugu Kartasura, Solo, Jawa Tengah. Akibat ledakan bom bunuh diri itu, pelaku tersebut menderita luka di perut dan tangan kanan.

Dari hasil pemeriksaan sementara bom yang digunakan pelaku diketahui memiliki daya ledak yang rendah atau Low Exsplosive. Kejadian itu, terjadi di depan pos pengamanan lebaran di Kartasura, Jawa Tengah, Senin malam, 3 Juni 2019 sekitar pukul 22.30 WIB.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini