nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahfud MD Jelaskan Tiga Nilai yang Terkandung dalam Pancasila

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 01 337 2062896 mahfud-md-jelaskan-tiga-nilai-yang-terkandung-dalam-pancasila-NOisKOzyEo.jpg Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Dewan Pengarah BPIP Mahfud MD menyatakan bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa yang mempunyai banyak nilai.

Ia pun mencontohkan tiga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tersebut. Pertama, Pancasila ditetapkan sebagai dasar ideologi negara untuk mempersatukan bangsa Indonesia dalam keberbedaan.

"Oleh sebab itu, kita harus ingat bahwa kita harus bersatu di dalam keberbedaan yang sangat beragam," kata Mahfud di Kemenlu, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

Mahfud MD

Kedua, sambung dia, Pancasila memiliki nilai-nilai yang memberikan pemahaman bahwa cara mengelola keberbedaan itu adalah cara-cara yang demokratis. Pasalnya, bila banyak perbedaan tidak dikelola secara dekokratis nantinya tidak adil.

"Tidak ada kesempatan yang sama kepada setiap ikatan kelompok-kelompok masyarakat. Oleh sebab itu harus diolah secara demokratis," jelasnya.

(Baca Juga: Jokowi: Pancasila adalah Rumah bagi Seluruh Komponen Bangsa)

Nilai ketiga Pancasila yakni menerangkan bahwa demokrasi itu akan liar kalau tidak dikawal oleh hukum. Sehingga, prinsip ketiga yang harus ingat adalah bagaimana bangsa Indonesia mengembalikan segala persoalan di dalam proses demokrasi itu kepada hukum.

"Jadi intinya ada tiga, kita akan bersatu, bersatu di dalam keberbedaan yang dikelola secara demokratis dan demokrasi itu dikawal oleh tegaknya hukum, dan mengembalikan segala problem kepada hukum," jelas pakar hukum tata negara itu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini