nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Asrama Brimob Korban Perusuh 22 Mei Mengadu ke Komnas HAM

Achmad Fardiansyah , Okezone · Jum'at 31 Mei 2019 14:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 31 337 2062509 warga-asrama-brimob-korban-perusuh-22-mei-mengadu-ke-komnas-ham-1ASQLPsEKV.jpg Perusuh aksi 21-22 Mei (Foto: Okezone)

JAKARTA - Puluhan warga di Asrama Brimob, Petamburan, Jakarta Barat mengadu ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) atas kerusakan yang dilakukan para perusuh 21-22 Mei 2019. Mereka berharap, dalangnya bisa segera ditangkap. 

Komisioner Komnas HAM, Mohammad Choirul Anam mengatakan, aduan warga agar dilengkapi laporan tertulis supaya bisa jelas kronologi lengkapnya.

"Oleh karenanya, informasi yang bapak-bapak sekalian bawa diberikan kepada kami akan sangat membantu. Oleh karenanya, apa yang tadi sudah diungkapkan ada enggak bentuk tertulis? Kalau belum, mohon nanti dimunculkan," katanya di Komnas HAM, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).

(Baca Juga: Hasil Autopsi Harun Al Rasyid Korban Aksi 22 Mei Ditemukan Luka Tembak)

Aksi 22 Mei

Menurutnya, laporan secara tertulis sangat penting untuk mengetahui dan mencari pelaku perusakan. "Penting untuk laporan tertulis itu, yang pertama tolong kami diberitahukan kronologi Pak. Mulai kapan ada massa, mulai kapan ada lemparan, dan sebagainya, karena itu akan menentukan sebenarnya eskalasi ketegangan di mulai dari titik mana dan apa," ujarnya.

Anam juga meminta identifikasi pemilik mobil yang dibakar dan dirusak. Selain itu, apabila penghuni Asrama Brimob memiliki rekaman CCTV atau video kerusuhan, hal itu akan sangat membantu pihak Komnas HAM.

"Yang penting juga kalau rukonya ada CCTV atau kebetulan sempat memvideo dengan HP, tolong kami juga tolong dikasih. Itu akan membantu kami mengungkap peristiwa apa yang terjadi di Petamburan dan sekitarnya," ujarnya.

(Baca Juga: Dibidik Pembunuh Bayaran, Luhut: Cara Kampungan!)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini