nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fadli Zon Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 16:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 29 337 2061858 fadli-zon-jadi-penjamin-penangguhan-penahanan-eggi-sudjana-8LKr3Wpc4s.jpg Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan turut memberikan jaminan terkait permohonan penangguhan tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana. Hal itu disampaikan Fadli usai menjenguk Eggi dan Lieus Sungkharisma di Rutan Polda Metro Jaya, Rabu (29/5/2019).

"Kalau penangguhan yang meminta penangguhan itu saudara Eggi Sudjana. Saya juga diminta untuk ikut menjamin, saya ikut menjamin penangguhan saudara Eggi," tuturnya.

Fadli mengungkapkan, alasannya menjamin Eggi atas dasar pertimbangan kemanusiaan karena Eggi tengah mengidap suatu penyakit. Namun, dirinya tidak menjelaskan penyakit apa yang diderita Eggi.

"Saya kira alasannya, alasan kemanusiaan apalagi ada mengidap penyakit. Dan ini juga mau hari raya idul fitri gitu ya. Bagi seorang muslim hari raya idul fitri adalah tempat berkumpul dengan keluarga," katanya.

Eggi Sudjana

(Baca Juga: Eggi Sudjana Cabut Gugatan Praperadilan Kasus Makar)

Eggi berharap agar penangguhan yang diajukannya itu bisa disetujui oleh pihak kepolisian. Penahanan terhadap Eggi juga tidak pas dilakukan.

"Saudara Eggi tadi berharap karena kasusnya sangat sumir menurut beliau, beliau meminta agar penangguhan penahanan itu bisa. Kemudian mereka berharap ada keadilan karena tuduhan tuduhan ini tidak mempunyai dasar yang kokoh, tidak mempunyai dasar yang kuat, ini lebih bernuansa pada politik dan kekuasaan ketimbang penegakan hukum. Ini yang disampaikan oleh baik saudara Eggi," tuturnya.

Adapun dalam kasus ini Polda Metro Jaya telah menahan Eggi Sudjana usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus makar. Penahanan dilakukan selama 20 hari. Penahanan terhadap Eggi merujuk pada Surat Perintah Penahanan Nomor: SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum, tertanggal 14 Mei 2019.

(Baca Juga: Tersandung Kasus Dugaan Makar, Eggi Sudjana Resmi Ditahan)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini