nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diperiksa soal Makar Eggi Sudjana, Ustadz Sambo: Yang Dikorek Justru Pidato Saya

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 12:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 29 337 2061725 diperiksa-soal-makar-eggi-sudjana-ustadz-sambo-yang-dikorek-justru-pidato-saya-KuJh7DQNmh.jpg Ustadz Sambo hari ini memenuhi panggilan Polda Metro Jaya. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Ansufri Idrus Sambo atau akrab disapa Ustadz Sambo kembali memenuhi panggilan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya. Pemeriksaan hari ini lanjutan dari sebelumnya terkait kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana.

Tiba di Polda Metro Jaya, Ustadz Sambo mengungkapkan bahwa sedianya diperiksa sebagai saksi kasus dugaan makar Eggi Sudjana. Namun, ia heran dalam pemeriksaan yang dilakukan, penyidik justru menanyakan perihal pidatonya sendiri.

"Yang dikorek itu justru pidato saya sendiri, kan itu agak aneh juga. Orang suratnya sudah pasti kita sebagai saksi Eggi, kok tiba-tiba larinya ke urusan saya sendiri, pidato saya yang dikorek-korek," ucap Ustadz Sambo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (29/5/2019).

(Baca juga: Ustadz Sambo Penuhi Panggilan Polisi Terkait Kasus Eggi Sudjana)

Ada empat pidato Ustadz Sambo yang ditanyakan penyidik. Keempatnya di dua tempat berbeda. Tiga pidato di kediaman calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan; dan satu lagi di sekitaran Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Ada di Kertanegara itu ada tiga yang diambil, di Bawaslu satu. Ya pertama tanggal 17; kedua, tanggal berapa, lupa, karena kejadiannya saya lupa tanggal berapa," papar Ustadz Sambo.

Ustadz Sambo. (Foto: Okezone)

Menurut dia, secara garis besar yang dipersoalkan berkaitan dengan isi pidatonya yang menyebutkan melawan kecurangan. Ia menduga hal itulah yang dinilai mengarah ke makar.

"Intinya kita berdoa, kita melawan kecurangan. Ya mungkin begitu, karena saya mengatakan melawan kecurangan itu ya mungkin dianggap bagian dari itu (makar). Kita tidak tahu, kita lihat nanti lah," tutur Ustadz Sambo.

(Baca juga: Ustadz Sambo: Saya Enggak Pernah Berhubungan dengan Eggi Sudjana)

Sebagaimana diketahui, Polda Metro Jaya telah menahan Eggi Sudjana usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus makar. Penahanan dilakukan selama 20 hari.

Penahanan terhadap Eggi merujuk pada Surat Perintah Penahanan Nomor SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum tertanggal 14 Mei 2019.

Kasus ini berawal dari ajakan people power yang diserukan Eggi saat berpidato di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Buntut dari seruan itu, Eggi Sudjana dilaporkan seorang relawan dari Jokowi-Ma'ruf Center (Pro Jomac), Supriyanto, ke Bareskrim Polri dengan nomor laporan nomor LP/B/0391/IV/2019/Bareskrim tertanggal 19 April 2019 dengan tuduhan penghasutan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini