nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Kabar Partai Golkar Ajukan Pembatalan Pilpres, Bagaimana Faktanya?

Adi Rianghepat, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 15:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 27 337 2060904 heboh-kabar-partai-golkar-ajukan-pembatalan-pilpres-bagaimana-faktanya-fxonv0G9iO.jpg Foto: Ist

JAGAT media sosial dihebohkan munculnya sebuah surat dari Partai Golkar yang mengajukan pembatalan hasil Pilpres 2019. Foto yang diunggah oleh akun Facebook Dewi Sekardadu, sudah dibagikan 5.029 kali saat tangkapan layar diambil.

Mengikuti foto tersebut, tertulis narasi, sebagai berikut :

“Eng Ing Eng ….

Ada Apakah Gerangan Partai Golkar Tiba2 Mengajukan Surat Permohonan Pembatalan Hasil Pilpres Yg Diumumkan KPU 21 Mei 2019 Ke MK…..?

#GerakanKedaulatanRakyat“

Hasil penelusuran, ternyata foto yang diunggah akun yang sudah mendapat 438 komentar itu masuk kategori konten salah, atau disinformasi.

Ketua Bidang Hukum dan HAM DPP Partai Golkar Adies Kadir menegaskan, surat beredar yang mengatakan Golkar meminta KPU membatalkan hasil Pemilu secara keseluruhan, termasuk Pilpres, adalah tidak benar. Menurut Adies, formulir dalam surat yang beredar itu tak sesuai dengan format permohonan di MK.

Adies Kadir menjelaskan, Golkar menyelesaikan sengketa secara internal dan eksternal. Sengketa antarsesama caleg Golkar diselesaikan melalui mekanisme Internal partai. Sedangkan untuk sengketa caleg Golkar dengan caleg lain, Golkar menyelesaikan melalui mekanisme MK.

“Ada 26 gugatan Internal dan ada 29 gugatan eksternal (melalui MK),” kata Adies Kadir kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Adies menjelaskan, gugatan itu tersebar untuk kontestasi legislatif di semua tingkatan. Partai Golkar memfasilitasi Caleg-calegnya untuk menempuh sengketa di MK.

“Baik dari DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota,” kata dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini