nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lemkapi Minta Polri Usut Aktor Intelektual Kericuhan Aksi 21-22 Mei

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 17:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 24 337 2060051 lemkapi-minta-polri-usut-aktor-intelektual-kericuhan-aksi-21-22-mei-rff63ke6tz.jpg Aksi saat di Bawaslu (foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyatakan bahwa Polri harus mengusut aktor intelektual atau dalang dari kejadian kerusuhan di Jakarta pada tanggal 21 dan 22 Mei.

"Polri dan TNI tidak perlu ragu dalam melakukan penegakan hukum jika ada upaya kelompok tertentu yang mengganggu kamtibmas. Rakyat butuh keamanan dan pasti mendukung Polri dan TNI," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan kepada Okezone, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Menurut mantan anggota Kompolnas ini, melihat adanya tudingan miring politisi atas kematian korban yang meninggal dunia, Lemkapi mendukung Polri membentuk tim khusus investigasi terhadap korban tewas dari massa perusuh.

"Kami mendukung Polri melakukan investigasi sebagai bentuk transparansi Polri kepada masyarakat," tutur Edi.

 Aksi 22 Mei

Apalagi, kata Edi, sebelumnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berulang kali menjelaskan tidak ada anggota yang dipersenjatai dengan peluru tajam saat pengamanan di KPU.

"Semoga tim khusus ini akan didapatkan informasi jelas bagaimana penyebab korban meninggal," ucap Edi.

Disisi lain, Lemkapi memberikan apresiasi kepada Polri dan TNI yang cepat mencegah kerusuhan agar tidak meluas di jakarta. "Kami puji kekompakan Polri dan TNI yang bekerja keras dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat," imbuh Edi.

 

Soal mengalirnya terus dukungan dari masyarakat kepada Polri dan TNI pasca kerusuhan, kata Edi, hal itu sebagai wujud terima kasih masyarakat kepada Polri dan TNI dengan mengirim karangan bunga.

"Kami ajak seluruh elemen masyakat mendukung Polri dan TNI mengamankan Jakarta demi Indonesia damai," tutup Edi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini