nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MUI Imbau Semua Pihak Hormati Hasil Rekapitulasi KPU

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 11:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 21 337 2058340 mui-imbau-semua-pihak-hormati-hasil-rekapitulasi-kpu-P01YTMYNsh.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan Rekapitulasi perolehan suara nasional pilpres dan pileg pun sudah ditetapkan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta semua pihak menghormati hasil rekapitulasi yang ada.

Wakil Ketua Komisi Hukum MUI, Ikhsan Abdullah mengajak agar semua peserta pemilu agar dapat menghormati hasil yang sudah ada. Mengingat KPU sudah bekerja secara optimal dalam menyelenggarakan pesta demokrasi itu.

“Saatnya sekarang semua kontestan pemilu yakni Partai Politik dan peserta Pilpres juga masyarakat dapat menerima hasil kerja KPU,” kata Ikhsan saat berbincang dengan Okezone, Selasa (21/5/2019).

Ilustrasi Pemilu (Okezone)

Ikhsan mengingatkan, jika ada pihak yang tidak sepakat dengan hasil rekapitulasi KPU ini, alangkah baiknya para peserta mengikuti jalur yang sudah ada yakni Mahkamah Konstitusi.

“Akan tetapi bila dinilai terdapat kekurangan maka Peserta pemilu baik Partai maupun pasangan Calon presiden dapat menggunakan saluran hukum yang tersedia yaitu membawa sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi selambatnya 3 hari setelah penetapan Kpu tersebut ditetapkan,” terang dia.

Disebutkan Ikhsan, jalur konstitusi harus ditempuh sebagai bentuk ketaatan warga negara terhadap konstitusi yang ada. Hal ini juga menjaga prinsip demokrasi yang sudah ada di masyarakat.

(Baca Juga: Sikapi Aksi Massa ke Jakarta, Ketum Muhammadiyah: Tidak Perlu, Ini Ramadan)

“Hal ini sebagai wujud dari ketaatan kita terhadap konstitusi, hukum dan demi menjaga prinsip-prinsip demokrasi guna memelihara kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” ucap dia.

Seperti diketahui, KPU RI mengumumkan pemenang perhelatan Pilpres 2019. Hasilnya, Capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin memenangkan pesta demokrasi lima tahunan itu dengan perolehan suara sebesar 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional sebanyak 154.257.601 .

Sementara lawannya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya 68.650.239 atau 44,50 persen. Perbedaan suara keduanya mencapai 16.857.123 pemilih.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini