nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"Aksi Kedaulatan Rakyat Ada di Bilik Suara 17 April, Bukan di Jalanan"

Amril Amarullah, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 18:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 337 2058078 aksi-kedaulatan-rakyat-ada-di-bilik-suara-17-april-bukan-di-jalanan-MSToV7G6zA.jpg

JAKARTA - Jaringan Islam Kebangsaan (JIK) menyatakan mendukung penuh KPU dalam menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya untuk menuntaskan hasil Pemilihan Presiden masa jabatan 2019 – 2024 hingga pengesahan yang paripurna.

"JIK akan mengawal terus proses perhitungan suara hingga rakyat mendapatkan hasil Pilpres yang sah dan sesuai dengan sistematika pemilu yang jujur dan adil, tanpa intimidasi dari pihak manapun," ungkap Koordinator JIK Irfaan Sanoesi.

Irfaan menjelaskan, JIK percaya sepenuhnya atas hasil Pilpres maupun Pileg yang akan diumumkan oleh KPU adalah sah, legitimatif dan memiliki kekuatan hukum yang tetap, berdasarkan proses demokrasi yang benar dan berkualitas.

(Baca Juga: Intelijen Deteksi Upaya Penyelundupan Senjata untuk Bikin Kekacauan pada 22 Mei)

"Kami juga mengajak pihak yang menang dan kalah dalam kontestasi Pilpres, menunjukan kedewasaan sikap berpolitik, legowo dan menjadi teladan bagi persatuan seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Ilustrasi Pemilu (Okezone)

JIK juga menegaskan bahwa gerakan kedaulatan rakyat bukan berarti gerakan turun ke jalan, namun gerakan tersebut adalah aksi di bilik suara tanggal 17 April lalu. Karena itu, jelas Irfaan, JIK menolak aksi people power yang melecehkan kedaulatan rakyat sesungguhnya.

"JIK menyerukan kepada seluruh Rakyat Indonesia untuk kembali bersatu dalam ikatan Bhineka Tunggal Ika, menjaga kedamaian Indonesia untuk warisan masa depan anak cucu kita," jelasnya. (kha)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini