DPR Uji Kelaikan 4 Calon Hakim Agung

Antara, · Senin 20 Mei 2019 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 20 337 2058016 dpr-uji-kelaikan-4-calon-hakim-agung-vww0mqIXnG.jpg Ilustrasi Gedung DPR (Foto: Ist)

JAKARTA - Komisi III DPR RI melakukan uji kelaikan dan kepatutan terhadap empat calon hakim agung yakni Ridwan Mansyur dan Matheus Samiaji (Kamar Perdata), Cholidul Azhar (Kamar Agama), dan Sartono (Kamar TUN), di Gedung MPR/DPR DPD RI, Jakarta, Senin dan Selasa 20-21 Mei.

Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani mengatakan, keempat calon hakim agung menjalani pendalaman pada uji kelaikan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III. Sebelumnya, keempat calon hakim agung tersebut telah menjalani tahapan pembuatan makalah, seputar pandangannya terhadap persoalan hukum serta langkah-langkah yang akan dilakukannya.

Ilustrasi

Menurut Arsul, dari makalah tersebut, akan didalami oleh anggota Komisi III DPR RI pada uji kelaikan dan kepatutan. (Baca Juga: DPR Terima Usulan 2 Nama Calon Hakim Agung)

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Erma Suryani Ranik, berharap keempat calon hakim agung tersebut dapat terpilih sebagai hakim agung.

Menurut Erma Suryani, keempat calon hakim agung tersebut diterima atau tidak tergantung pada proses pendalaman saat uji materi. "Bisa jadi keempat calon hakim agung diterima atau sebagian saja. Ini tergantung dari pilihan masing-masing fraksi di Komisi III," katanya. (ari)

(Baca Juga: KY Buka Pendaftaran Calon Hakim Agung Pengganti Artidjo Alkostar dan Gayus Lumbun)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini