nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lieus Sungkharisma Sudah Jadi Tersangka Makar Sebelum Ditangkap

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 11:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 20 337 2057859 lieus-sungkharisma-sudah-jadi-tersangka-makar-sebelum-ditangkap-ryDWAp1S1g.jpg Lieus Sungkarisma (Dok Okezone)

JAKARTA – Juru Kampanye BPN Prabowo-Sandiaga, Lieus Sungkharisma ditangkap setelah statusnya dijadikan tersangka kasus dugaan makar. Polisi menyebutkan sudah memiliki dua alat bukti untuk menjerat Koordinator Forum Rakyat itu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, Lieus Sungkharisma ditetapkan sebagai tersangka (Tsk) kasus dugaan makar setelah perkaranya digelar di Polda Metro Jaya.

"Tsk melalui mekanisme gelar perkara. Penyidik sudah memiliki dua alat bukti," kata Dedi saat dikonfirmasi Okezone di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Dedi menyebut bahwa, untuk saat ini berkas perkara Lieus Sungkharisma yang awalnya dilaporkan ke Bareskrim kini telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

"Sekarang sudah ke Polda Metro oleh penyidik," tutur Dedi.Konpres Polri

Polri sempat melayangkan dua kali surat pemanggilan pemeriksaan terhadap Lieus Sungkharisma. Namun, dia tidak menghadiri. Hingga akhirnya dikeluarkan perintah penangkapan dan pagi tadi aktivis Tionghoa itu dijemput polisi.

(Baca juga: Jurkam Prabowo-Sandi Lieus Sungkharisma Ditangkap Polisi Terkait Makar)

Lieus sendiri sebelumnya dilaporkan oleh seseorang bernama Eman Soleman di Bareskrim Polri terkait dengan dua perkara tersebut. Laporan untuk Lieus Sungkharisma diterima oleh Bareskrim Polri bernomor STTL/296/V/2019/Bareskrim.

Dalam laporan itu, dia disangka melanggar Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang tindak pidana penyebaran berita bohong atau hoaks dan Pasal 107 jo Pasal 110 Jo Pasal 87 dan atau Pasal 163 jo Pasal 107 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang terhadap Keamanan Negara atau Makar.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini