nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PBNU: Setiap Komponen Bangsa Harus Hormati Hasil Pemilu 2019

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 07:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 20 337 2057739 pbnu-setiap-komponen-bangsa-harus-hormati-hasil-pemilu-2019-WypGfNZLdn.jpg Robikin Emhas (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU, Robikin Emhas mengimbau kepada seluruh komponen bangsa untuk menghormati hasil Pemilu 2019 yang akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 22 Mei mendatang.

Menurut dia, dengan menerima hasil pemuli secara damai, maka mencerminkan sebagai bangsa yang bermartabat.

"Penerimaan terhadap hasil pemilu secara damai adalah cermin bangsa yang bermartabat, bangsa yang berbudaya, bangsa yang luhur," ujarnya kepada Okezone, Senin (20/5/2019).

Robikin menyebut, pengerahan massa atau people power sudah tak relevan dilaksanakan lagi. Pasalnya, itu sudah dilakukan oleh segenap rakyat Indonesia pada hari pemungutan suara yang telah berlangsung pada 17 April lalu.

 Demo Bawaslu

"Sekarang sudah tidak waktunya bicara people power. Karena kekuatan rakyat menentukan kepemimpinan nasional secara damai dan bermartabat sudah berlangsung tanggal 17 April 2019, saat pemungutan suara dilakukan," katanya.

Menurutnya, bila ada pihak yang tak terima hasil pemilu, sebaiknya menggunakan mekanisme hukum yang telah ditetapkan, yaitu ajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tidak dibenarkan menggunakan cara-cara lain di luar yang diatur oleh konstitusi dan peraturan perundang-undangan lainnya, apalagi bertentangan dengan hukum. Hindarkan segala tindakan yang bertentangan dengan budaya dan martabat luhur bangsa Indonesia," kata dia.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini