nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak Gangster saat Ramadan, Kriminolog: Perilaku Menyimpang untuk Gaya-gayaan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 06:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 19 337 2057493 marak-gangster-saat-ramadan-kriminolog-perilaku-menyimpang-untuk-gaya-gayaan-eQcmh42p1D.jpg Polisi menangkap anggota gangster di Jaksel. (Foto: Hambali/Okezone)

JAKARTA - Kriminolog Universitas Borobudur, Edi Hasibuan menilai maraknya aksi pembegalan maupun gengster di jalanan pada saat Ramadan sebagai ‘perilaku menyimpang’ yang kerap terjadi setiap tahunnya.

Mereka yang notabene bisa disebut anak baru gede (ABG) disebutnya belum jernih dalam mengambil sikap. Hal negatif kerap dijadikan tantangan agar bisa disebut sebagai pemberani atau jagoan.

"Ini prilaku anak muda yang menyimpang setiap puasa. Dia ingin gaya-gayaan setiap puasa biar kelihatan gaul, padahal ini perilaku yang salah," kata Edi saat dikonfirmasi Okezone, Minggu (20/5/2019).

(Baca juga: Polisi Tangkap Sejumlah Remaja Diduga Gangster yang Beraksi di Jaksel)

Dia berharap polisi bisa menindak tegas karena perilaku anak-anak muda tersebut melanggar hukum. " Kita juga minta polisi tegas dan tindak segala aksinya di jalanan yang sudah meresahkan masyarakat," ujarnya.

Ilustrasi.

Namun selain tindakan tegas polisi, peranan orang tua disebutnya sangat penting dalam mengawai kegiatan anak-anaknya pada saat di luar rumah.

"Jangan biarkan anak semalaman tidak pulang dengan sepeda motornya. Orang tua harus tingkatkan kewaspadaan,” sebutnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini