Share

Persiapan Mudik 2019, Sistem One Way di Tol Trans Jaya Diuji Coba 30 Mei

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 18 Mei 2019 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 17 337 2057209 persiapan-mudik-2019-sistem-one-way-di-tol-trans-jaya-diuji-coba-30-mei-9Me0aJgW2g.jpg Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri saat meninjau Tol Trans Jawa.

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan melakukan uji coba penerapan sistem one way di Tol Trans Jawa guna mengantisipasi kemacetan saat mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri mengatakan, uji coba itu akan dilakukan 30 Mei 2019. Uji coba itu dilakukan sebagai bahan evaluasi dalam penerapannya ke depan.

"Justru pada hari pertama akan dilakukan uji coba, mudah-mudahan tanggal 30 sudah dapat gambaran sehingga keputusan-keputusan lebih baik lagi sudah lebih matang," kata Refdi saat meninjau lokasi Trans Jawa, Jumat (17/5/2019).

Sejauh ini, dikatakan Refdi, yang berpotensi menjadi kendala adalah soal manajemen rest area. Pasalnya, pada jalur B nantinya tempat peristirahatan akan semakin dioptimalkan untuk para pemudik.

"Kemarin kamu juga sudah bicara dengan pengatur jalan tol Jasa Marga, mudah-mudahan rambu-rambu yang kita manfaatkan khususnyajalur B bisa dimanfaatkan dengan baik," ujar Refdi.

Tol Trans Jawa

Refdi menjelaskan, jalur Jakarta menuju Semarang akan terbagi dua, melalui jalur A dan B. Jalur A merupakan jalur sebenarnya kendaraan dari Jakarta menuju Semarang. Sedangkan, jalur B adalah jalur dari Semarang menuju Jakarta yang dijadikan satu arah menuju ke Semarang.

Refdi menyebut jalur A akan dilalui kendaraan roda empat atau lebih, sedangkan jalur B dipersiapkan hanya untuk kendaraan roda empat.

โ€œDi mana di sini terbagi dua. Yang digunakan lajur ada lajur A dan B. Khusus untuk lajur A yang akan menuju Semarang tetap lewat kilometer 263 ini terus sampai Semarang. Sampai Batang, Kali Kuto, Kali Kangkung exit di situ sampai Krapyak,โ€ ucapnya memaparkan.

Menurut Refdi, di KM 263 tol Brebes Barat akan ada dua pergerakan arus kendaraan dari Jakarta menuju Semarang dan Semarang menuju Pantura. Ia menyebut di titik ini yang menjadi perhatian saat arus mudik.

โ€œKarena memang setelah kilometer 263 ini akan ada dua pergerakan artinya dari Jakarta menuju Semarang. Dari Semarang juga ada di sini sedikit saja kemudian memutar ke arah sini menuju Pantura. Di sini lah mungkin titik krusial. Di sini menjadi perhatian penting,โ€ kata dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini