nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bupati Jepara Ditahan KPK Usai Diperiksa sebagai Tersangka

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 15:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 13 337 2055096 bupati-jepara-ditahan-kpk-usai-diperiksa-sebagai-tersangka-25BRe1rSrI.jpg Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi. (Foto : Arie Dwi Satrio/Okezone)

JAKARTA – Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi, rampung diperiksa oleh tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai ter‎sangka pemberi suap. Usai diperiksa, Marzuqi langsung ditahan KPK.

Marzuqi selesai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka sekira pukul 15.10 WIB. Marzuqi tampak santai saat keluar dari Gedung Merah Putih KPK dengan mengenakan rompi tahanan.

Pria yang mengenakan pe‎ci hitam tersebut pasrah terhadap proses penahanan yang dilakukan KPK. Marzuqi mengaku siap mengikuti segala proses hukum di KPK.

"Ya kita sebagai warga negara yang taat akan peraturan perundang-undangan, ya kita mengikuti proses yang berlaku. Karena itu, doakan sajalah semoga kami menerimanya dengan tabah dan sabar. Wong Nabi Yusuf aja dihukum," ucap Marzuqi di pelataran Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019).

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, Ahmad Marzuqi akan ditempatkan Rumah Tahanan (Rutan) Pomdam Jaya, Guntur, Jakarta Selatan. Dia akan menjalani masa penahanan pertamanya selama 20 hari ke depan.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. (Foto : Muhamad Rizky/Okezone)

"AM (Ahmad Marzuqi), Bupati Jepara periode 2017-2022 ditahan 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya, Guntur," kata Febri.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Ahmad Marzuqi sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan putusan atas ‎praperadilan perkara penggunaan dana bantuan parpol di PN Semarang. Dia ditetapkan bersama Hakim PN Semarang, Lasito.


Baca Juga : Hakim Non-Aktif PN Semarang Lasito Akhirnya Ditahan KPK

Ahmad Marzuqi diduga menyuap Lasito sebesar Rp700 juta untuk memuluskan putusan praperadilan yang sedang berproses di PN Semarang. ‎Uang yang diberikan kepada Lasito diduga untuk mempengaruhi putusan praperadilan yang diajukan oleh Marzuqi.

Adapun, praperadilan tersebut yakni terkait penetapan Ahmad Marzuki sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah di Pengadilan Negeri Semarang tahun 2017.


Baca Juga : Bupati Jepara Diperiksa KPK sebagai Tersangka Suap

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini