Eggi Sudjana Akan Hadiri Pemeriksaan di Polda Metro Sore Ini

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 13 Mei 2019 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 13 337 2055051 eggi-sudjana-akan-hadiri-pemeriksaan-di-polda-metro-sore-ini-N4J4vIpMRk.jpg Eggi Sudjana (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana akan menghadiri pemeriksaan hari ini. Pemeriksaan itu akan dilakukan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum.

"Agenda hari ini pemeriksaan tersangka saudara Eggi Sudjana informasi dari penyidik yang bersangkutan akan hadir sekitar jam 16.00 WIB sore di Polda Metro Jaya," kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Namun, Agro tidak menjelaskan lebih lanjut terkait rencana pemeriksaan tersebut. Ia meminta untuk menunggu pemeriksaan dilakukan. "Kita tunggu saja (pemeriksaan Eggi)," ucapnya.

(Baca Juga: Jadi Tersangka Makar, Eggi Sudjana Ajukan Praperadilan)

Sebelumnya, tim kuasa hukum Eggi sempat menyebut Eggi tidak akan hadir dalam pemeriksaan tersebut. Kendati begitu, dirinya belum bisa memastikan jika keputusan Eggi untuk tidak memenuhi panggilan polisi atau akan hadir memenuhi panggilan.

"Pokoknya sampai hari ini kami menyampaikan beliau enggak hadir, tapi kalau ada perubahan kita enggak tahu," ujar kuasa hukum Eggi, Damai Hari Lubis.

Diketahui, Ketua Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA) yang juga politikus PAN itu dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka pada Senin 13 Mei 2019.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono

Ditreskrimum Polda Metro sudah melayangkan surat panggilan bernomor S.Pgl/3782/V/2019/Ditreskrimum ke Eggi Sudjana. Dia diminta menghadap penyidik sebagai tersangka pada 13 Mei 2019 pukul 10.00 WIB untuk diperiksa.

(Baca Juga: Ini Alasan Polisi Tetapkan Eggi Sudjana sebagai Tersangka Kasus Makar)

Status Eggi dinaikkan ke tersangka setelah pihaknya menggelar perkara pada 7 Mei 2019. Dalam gelar kasus, ditemukan kecukupan alat bukti untuk jadi tersangka seperti enam keterangan saksi, empat keterangan ahli, beberapa dokumen, petunjuk dan kesesuaian alat bukti.

Dalam surat panggilan itu, perbuatan Eggi Sudjana diduga bertentangan dengan Pasal 107 KUHP dan atau pasal 110 KUHP jo Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

Eggi Sudjana sebelumnya dilaporkan Dewi Ambarawati atau Dewi Tanjung, caleg PDI Perjuangan ke Polda Metro Jaya, setelah beredar video bahwa Eggi menyuarakan gerakan pengerahan massa atau people power.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini