Polri Ungkap Alasan Cabut Pencekalan Kivlan Zein

Puteranegara Batubara, Okezone · Minggu 12 Mei 2019 05:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 12 337 2054583 polri-ungkap-alasan-cabut-pencekalan-kivlan-zein-Jm9CVD0Peu.jpg Kivlan Zein. (Foto: Ist)

JAKARTA – Polri mengungkap alasan pencabutan pencekalan bepergian ke luar negeri terhadap mantan Kepala Staf Kostrad, Mayjen (Purn) Kivlan Zein. Pencegahan itu sebelumnya dilakukan karena paspor milik Kivlan Zein akan habis dalam jangka waktu dekat.

"Paspor Pak KZ akan habis dalam waktu dekat, jadi tidak akan diizinkan meninggalkan Indonesia atau memasuki negara lain," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Mohammad Iqbal, di Jakarta, Sabtu (11/5/2019).

(Baca juga: Imigrasi Cabut Pencekalan Kivlan Zein ke Luar Negeri)

Di sisi lain, ungkap Iqbal, pencegahan dibatalkan lantaran polisi menerima kabar bahwa Kivlan Zein akan kooperatif dalam panggilan pada Senin 13 Mei 2019. Oleh karena itu, aparat mencabut pencekalan ke luar negeri terhadap Kivlan Zein.

"Kemudian penyidik mendapat info bahwa Pak KZ akan kooperatif hadir memenuhi panggilan penyidik. Oleh karena itu, penyidik memandang tidak perlu melakukan pencekalan lagi," ujar Iqbal.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah mencabut pencekalan ke luar negeri terhadap Kivlan Zein.

(Baca juga: Pekan Depan Kivlan Zen Bakal Diperiksa sebagai Saksi)

Maka itu, ia diperbolehkan kembali berpelesiran ke luar negeri. Pencabutan pencekalan dilakukan setelah Kemenkumham menerima permintaan dari pihak kepolisian untuk mencabutnya.

Sedangkan sebelum dicabut, Kivlan Zein dicegah untuk pergi ke luar negeri. Ia pun pada Jumat 10 Mei 2019 tidak bisa terbang ke Brunei Darussalam.

(han)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini