nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Tersangka Makar, Eggi Sudjana Ajukan Praperadilan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 12:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 10 337 2053949 jadi-tersangka-makar-eggi-sudjana-ajukan-praperadilan-EHme08eGky.jpg Eggi Sudjana (Foto: Okezone)

JAKARTA - Advokat Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar oleh Polda Metro Jaya. Kuasa hukum Eggi, Pitra Romadoni Nasution mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan tersangka tersebut.

"Hari ini kita telah resmi mendaftarkan gugatan praperadilan terhadap Polda Metro Jaya yang telah menetapkan klien kami Doktor Haji Eggi Sudjana sebagai tersangka atas dugaan makar atau ujaran kebencian sebagaimana di maksud dalam laporan polisi saudara Supriyanto," kata Pitra di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

Pitra mengatakan, penetapan tersangka terhadap politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu tidak tepat. Pasalnya Eggi tidak pernah sama sekali berniat melakukan makar sebagaimana dituduhkan. Karenanya penetapan tersangka terhadap Eggi mesti ditinjau ulang.

"Terhadap permasalah tersebut, perlu kami luruskan di sini bahwsanya klien kami tidak pernah melakukan makar, tidak pernah melakukan ujaran kebencian apalagi berita bohong," jelas Pitra.

Eggi

Baca Juga: Eggi Sudjana Jadi Tersangka Makar, TKN: Kok Orang Hukum Melanggar Hukum?

Pitra menjelaskan, people power yang dimaksud Eggi berada pada konteks memprotes dugaan kecurangan pemilu yang terjadi di KPU maupun Bawaslu. Dengan kata lain, people power tidak dimaksud untuk menggulingkan pemerintahan yang sah.

"Tidak ada sama sekali niat menggulingkan pemerintahan yang sah," imbuhnya.

Pitra mengaku kecewa terhadap Polda Metro Jaya yang terlalu cepat menetapkan kliennya sebagai tersangka. Karenanya pihaknya mengajukan gugatan praperadilan. Adapun permohonan gugatan teregister dengan nomor: 51/pid/pra/2019/pnjaksel.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Eggi Sudjana tersangka dugaan makar atas orasinya yang menyerukan pengerahan massa atau people power. Polisi beralasan sudah cukup bukti untuk menaikkan status Eggi Sudjana sebagai tersangka.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini