Ini Alasan Polisi Tetapkan Eggi Sudjana sebagai Tersangka Kasus Makar

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 10 Mei 2019 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 10 337 2053787 ini-alasan-polisi-tetapkan-eggi-sudjana-sebagai-tersangka-kasus-makar-CZw19MvLpi.JPG Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Eggi Sudjana resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan praktik makar. Polisi lantas menjelaskan alasan mengapa politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu dijadikan sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, penetapan itu dikarenakan penyidik sudah mengantongi bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka.

"(Penetapan) tersangka itu sesuai dengan aturan, ada bukti permulaan seperti keterangan saksi, 4 keterangan ahli, petunjuk dan barang bukti yang disampaikan seperti video dan pemberitaan-pemberitaan di media online," ucap Argo kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 9 Mei 2019 malam.

(Baca juga: Polisi Resmi Tetapkan Eggi Sudjana Tersangka Makar)

Argo mengungkapkan, sebanyak enam saksi turut diperiksa dalam kasus tersebut. Tak hanya itu, bukti-bukti seperti video hingga berita-berita di media massa sudah dianggap cukup untuk meningkatkan status Eggi menjadi tersangka.

"Kemudian penyidik pada hari Rabu melakukan gelar perkara artinya menentukan berkaitan tentang status saksi. Setelah dilakukan gelar perkara, penyidik memaparkan keterangan saksi dan keterangan ahli dan barang bukti, gelar perkara tersebut menyimpulkan bahwa saksi terlapor Eggi Sudjana dinaikkan menjadi tersangka," tuturnya.

Eggi SudjanaEggi Sudjana (Foto: Okezone)

(Baca juga: Eggi Sudjana Tersangka, TKN: People Power Tindakan ke Arah Makar)

Argo juga mengingatkan bila nantinya dalam penetapan status tersangka dirasa janggal, maka Eggi berhak mengutarakan kejanggalannya pada pemeriksaan yang dijadwalkan pada Senin 13 Mei 2019 mendatang. "Kalau keberatan ada aturan mekanismenya, silakan," ucap Argo.

Dalam surat bernomor S.Pgl/3782/V/2019/Ditreskrimum, Eggi yang juga politikus PAN itu diminta datang untuk diperiksa sebagai tersangka oleh penyidik pada 13 Mei 2019 pukul 10.00 WIB. Polisi menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka sesuai Pasal 107 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini