Usai Diperiksa sebagai Tersangka KPK, Wali Kota Tasikmalaya Masih Melenggang Bebas

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 09 Mei 2019 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 09 337 2053705 usai-diperiksa-sebagai-tersangka-kpk-wali-kota-tasikmalaya-masih-melenggang-bebas-HM2nID5kTD.jpg Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman (Foto: Arie/Okezone)

JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Tasikmalaya tahun anggaran 2018. Budiman selesai diperiksa KPk pada sore tadi.

Usai diperiksa, Budiman belum mengenakan rompi tahanan alias ditahan oleh KPK. Dia masih melenggang bebas.‎ Budiman irit bicara terkait materi pemeriksaannya pada hari ini.

"Tanya ke penyidik aja. KPK masih dalam proses, jadi tanya ke penyidik," singkatnya seraya meninggalkan awak media di pelataran Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2019).

Budiman keluar dari Gedung Merah Putih KPK dengan didampingi kuasa hukumnya. Pria yang mengenakan kacamata dan berbusana batik lengan panjang tersebut ‎mengambil langkah seribu untuk meninggalkan gedung KPK.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman

(Baca Juga: Wali Kota Tasikmalaya Diperiksa sebagai Tersangka Suap Dana Alokasi Khusus)

Budiman sendiri ditetapkan sebagai tersangka karena diduga ‎memberi suap sebesar Rp400 juta kepada pejabat Kementeriaan Keuangan (Kemenkeu), Yaya Purnomo. Uang itu untuk disinyalir untuk memuluskan DAK Tasikmalaya tahun 2018.

Penetapan tersangka Budi Budiman merupakan pengembangan perkara yang terlebih dahulu menjerat Anggota Komisi XI DPR, Amin Santono; Pejabat Kemenkeu, Yaya Purnomo, serta dua pihak swasta yakni, Eka Kamaluddin dan Ahmad Ghiast. Empat orang ini telah divonis bersalah di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Pemeriksaan terhadap Budiman pada hari merupakan yang perdana. Sejak ditetapkan sebagai tersangka, Budiman belum ditahan oleh KPK.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini