nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eggi Sudjana: Kok Saya Jadi Tersangka Makar? Norak Ah

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 16:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 09 337 2053607 eggi-sudjana-kok-saya-jadi-tersangka-makar-norak-ah-1EXzgevDIx.jpg Eggi Sudjana (Okezone)

JAKARTA Eggi Sudjana menanggapi penetapan dirinya sebagai tersangka kasus makar oleh penyidik Polda Metro Jaya. Pengacara yang juga politikus PAN itu mengaku heran dijadikan tersangka gara-gara pernyataannya terkait aksi massa atau people power.

"Lawyer itu dilindungi undang-undang, enggak boleh dituntut atau digugat. Kok sekarang saya jadi tersangka (makar)? Norak ah," kata Eggi Sudjana di Masjid Istiqlal, Jakarta, seperti dikutip dari Sindonews, Kamis (9/5/2019).

Juru Bicara Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, Eggi Sudjana dinaikkan statusnya jadi tersangka oleh penyidik setelah digelar perkara dugaan makar pada 7 Mei 2019.

Polisi beralasan memiliki bukti yang cukup menjadikan Eggi Sudjana sebagai tersangka.

Polda Metro memanggil Eggi Sudjana untuk diperiksa sebagai tersangka pada Senin 13 Mei 2019. Dalam surat panggilan itu disebutkan, penyidik memiliki alat bukti seperti enam keterangan saksi, empat keterangan ahli, beberapa dokumen, petunjuk, dan kesesuaian alat bukti untuk meningkatkan kasus Eggi Sudjana ke penyidikan.

Kombes Argo Yuwono (Okezone)

Sementara PAN sudah menyiapkan bantuan hukum untuk membela Eggi Sudjana.

“Teman-teman pengacara yang ada di DPP PAN diyakini akan senang jika bisa membantu,” kata Wasekjen PAN, Saleh Partaonan Daulay.

(Baca juga: Polisi Resmi Tetapkan Eggi Sudjana Tersangka Makar)

Dia tak yakin koleganya itu melakukan makar.

“Eggi Sudjana itu adalah seorang aktivis yang sejak dulu dikenal sebagai sosok yang sangat berjiwa Pancasila. Dia juga selalu tampil dan berbicara dalam koridor konstitusi. Jadi agak aneh jika tiba-tiba dia dinilai mengganggu keamanan negara dan makar.”

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini