nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buka Musrenbang, Jokowi: Indonesia Berpeluang Jadi Negara Ekonomi Terkuat Keempat di Dunia

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 11:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 09 337 2053418 buka-musrenbang-jokowi-indonesia-berpeluang-jadi-negara-ekonomi-terkuat-keempat-di-dunia-TmIG62GYRk.jpg Presiden Jokowi meresmikan pembukaan Musrenbangnas Tahun 2019 di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (9/5/2019). (Foto : Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2019 di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan Indonesia memiliki peluang besar menjadi negara dengan ekonomi terkuat nomor lima di dunia. Bahkan, kata dia, ekonomi Indonesia bisa menjadi nomor empat di 2045.

"Untuk masuk ke sana tidak mudah. Banyak tantangan yang harus diselesaikan, dihadapi. Jangan dipikir kita biasa-biasa tahu-tahu masuk ke 4 besar, ke 5 besar ekonomi terkuat," kata Jokowi.

Presiden Jokowi meresmikan pembukaan Musrenbangnas Tahun 2019 di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019). (Foto : Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Jokowi mengingatkan agar Indonesia tak seperti kebanyakan negara lainnya yang terjebak dalam middle income trap. Pasalnya, perangkap pendapatan menengah tersebut tidak akan bisa menyelesaikan negara lantaran tidak bisa menjadi negara maju.

"Kita harus bisa menyelesaikan persoalan yang ada menuju 2045 atau 100 tahun Indonesia merdeka," ucapnya.

Presiden Jokowi meresmikan pembukaan Musrenbangnas Tahun 2019 di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019). (Foto : Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Jokowi memaparkan, persoalan yang mendasar dan harus segera diselesaikan bangsa Indonesia adalah pemerataan pembangunan infrastruktur. Menurut dia, tanpa pembangunan tersebut jangan berharap ekonomi Indonesia bisa menjadi kuat.

"Saya minta gubernur, wali kota, baik jalan tol, pelabuhan, airport, segera provinsi, kabupaten, dan kota menyambungkan dengan titik-titik di tempat masing-masing," ucapnya.

Jokowi meminta pemda menyambungkan pembangunan infrastruktur di daerahnya ke kawasan industri, pariwisata, hingga ke kawasan industri kecil yang dikelola masyarakat setempat.

"Baik pusat produksi pertanian atau perkebunan. Tugas kita membuat gede, yang tengah dan kecil tugas daerah. Kalau tidak bisa dikerjakan jangan pernah mimpi masuk kelima atau ke-4 ekonomi terbesar," katanya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini