nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Fahri Hamzah Usul Ibu Kota Pindah ke Kepulauan Seribu

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 07:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 08 337 2052837 ini-alasan-fahri-hamzah-usul-ibu-kota-pindah-ke-kepulauan-seribu-FQtN6U8Jb5.jpg Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (Foto: Okezone)

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengusulkan agar Ibu Kota negara dipindahkan ke Kepulauan Seribu. Alasannya, ukuran kepulauan tersebut 11 kali lipat lebih besar dari DKI Jakarta.

“Saya mengusulkan agar Ibu Kota pindah atau menggunakan lahan di Pulau Seribu karena Kepulauan Seribu itu ukurannya 11 kali Jakarta,” kata Fahri lewat pesan singkat kepada Okezone, Rabu (8/5/2019).

(Baca Juga: Kaltim Atau Kalteng, Mana yang Dipilih Jokowi Jadi Ibu Kota RI?

Menurut politisi asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, pemindahan Ibu Kota ke Kepulauan Seribu sekaligus membangun mentalitas maritim bangsa Indonesia yang sebelumnya lebih condong ke mentalitas agraris dengan segala keterbelakangan kulturnya.

“Dan itu memenuhi unsur kebutuhan kita untuk membangun mentalitas maritim sehingga mulai dari presiden hingga pejabat harus punya konsepsi yang konkret tentang mentalitas maritim itu. Kita geser mentalitas agraris dengan segala kulturnya yang terbelakang, introvert, suka sekali melihat ke dalam, tidak berani keluar, feodal, tidak fair, kepada mentalitas pesisir yang sebenarnya berasal dari situ,” tuturnya.

(Baca Juga: Jokowi Akan Tinjau Lokasi Calon Ibu Kota di Kalteng via Darat dan Udara)

Monas, ikon Jakarta

Fahri meyakini bangsa Indonesia adalah bangsa yang tahan gelombang dan siap bertemu dengan berbagai macam keragaman yang ada. Semua itu bisa diwujudkan apabila pemerintah berani mengubah konsep Ibu Kota negara dengan basis kemaritiman.

“Kita ini bangsa yang tahan gelombang, hidup dalam alam terbuka, siap bertemu dengan berbagai jenis orang yang singgah dari pesisir dengan mentalitas ekstrovert, agresif, semua itu bisa di wujudkan kalau kita berani mengubah konsep Ibu Kota negara kita,” ujar Fahri.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini