nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Skema Lalin Mudik: Jalur Tol Jakarta-Semarang Satu Arah, Semarang-Jakarta Lewat Pantura

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 14:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 07 337 2052557 skema-lalin-mudik-jalur-tol-jakarta-semarang-satu-arah-semarang-jakarta-lewat-pantura-t8ikdQjEx6.jpg

BANDUNG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan perangkat satuan tugas lainnya, bakal memberikan fokus mereka pada mudik lebaran 2019 ini kepada aktivitas di jalan tol. Pasalnya saat ini dari Jakarta hingga dengan Surabaya sudah terkoneksi oleh jalan tol.

"Fokus kita satu yakni di jalan tol, Jalan tol dari Jakarta, Cirebon ke Semarang, Dirjen sudah diskusi dengan Kakorlantas kita lihat di situ ada penumpukan, nah oleh karenanya kita akan melakukan rekayasa lalu lintas," kata Budi di Bandung, Selasa (7/5/2019).

Adapun rekayasa yang sudah dikordinasikan yakni pemberlakuan satu arah dari Jakarta yang mengarah ke Jawa Tengah. Sementara arus kendaraan yang dari Jawa Tengah Ke Jakarta, akan menggunakan jalur Pantura.

"Dari Jakarta menuju Semarang itu pakai jalan tol satu arah dari Semarang ke Jakarta itu pakai jalur Pantura itu yang jadi fokus kita," katanya.

Melihat itu, Budi menekankan untuk keamanan kendaraan di dalam tol. Pihaknya akan membatasi kecepatan kendaraan.

"Jalan bagus, dan bisa kencang lebih dari 100 kilometer per jam. Kita akan batasi kecepatannya," ucap dia.

Terkait adanya penggratisan jalan tol, Budi tidak dapat menjabarkan hal tersebut. Karena menurutnya hal itu kewenangan kementrian PU.

"Penggratisan tol itu ke Kementrian PU," ucapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini