nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Jalan Tol, Menhub Prediksi Pemudik Pilih Gunakan Kendaraan Pribadi

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 13:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 07 337 2052537 banyak-jalan-tol-menhub-prediksi-pemudik-pilih-gunakan-kendaraan-pribadi-Gf9WTiJHcr.jpg Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto : CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan di Terminal Leuwipanjang, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2019).

Pengecekan dilakukan untuk persiapan jelang mudik Lebaran 2019. Ia didampingi Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiyadi, dalam melakukan pengecekan.

"Saya datang ke Bandung ngecek bus, busnya bagus yah. Bandung bisa jadi contoh penggunaan bus yang secara efektif, ya kita sangat mendukung penggunaan bus yaitu angkutan massal supaya jangan menggunakan angkutan pribadi," katanya usai pengecekan.

Menhub Budi Karya. (Dok Okezone)

Budi mengatakan, terkait mudik 2019, dirinya memprediksi masyarakat akan dominan menggunakan angkutan pribadi dibandingkan menggunakan angkutan umum saat mudik nanti.

Hal itu dilatarbelakangi pembangunan tol di Pulau Jawa yang sudah rampung dan dapat digunakan.

"Kalau kita lihat angkutan pribadi itu memang akan terjadi karena mereka yang ingin menggunakan jalan tol. Karena jalan tol baru selesai dari Jakarta, Semarang, Solo, dan Surabaya pasti orang pengen coba kan," ucapnya.


Baca Juga : H-1 Ramadan, Tiket Kereta Lebaran Sudah Terjual 48 Persen

"Tapi, kami sampaikan pada mereka, jalan tol juga bisa naik bus juga bisa cepat kalau kendaraan pribadi makin banyak menyebabkan kemacetan," ujarnya.

Upaya untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi saat mudik, Budi mengatakan pemerintah terus menyediakan mudik gratis.

"Pemerintah tetap konsisten untuk menyediakan mudik gratis," katanya.


Baca Juga : Korlantas Polri Siap Amankan Mudik Lebaran 2019

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini