nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI AD Akan Tindak Tegas Oknumnya yang Sebarkan Hoaks Pemilu

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 17:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 06 337 2052227 tni-ad-akan-tindak-tegas-oknumnya-yang-sebarkan-hoaks-pemilu-Ig5g5iChvy.jpg Kasad TNI AD (Foto; Achmad Fardiansyah/Okezone)

JAKARTA – Kepala Staf TNI AD (Kasad), Jenderal TNI AD Andika Perkasa menegaskan akan menindak tegas anggota TNI aktif yang diduga menyebarkan berita bohong atau hoaks.

Hal ini menanggapi adanya perwira berpangkat Letnan Kolonel menyampaikan informasi bahwa Mantan Menko Maritim, Rizal Ramli mendapatkan info kemenangan Prabowo-Sandiaga Uno dari anggota TNI AD.

 Baca juga: Menkominfo: Tahun Pemilu, Tahunnya Berita Hoaks!

"Kita akan memproses hukum, jika dia anggota TNI AD aktif akan diproses. Kita akan telusuri langsung dan sudah berjalan," katanya di Mabesad, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Dirinya melanjutkan, jika perbuatan penyebaran hoaks tersebut terbukti maka hal itu dapat merusak dan mencoreng institusi dan merusak kepercayaan masyarakat. Padahal, TNI tak menerima laporan C1 plano atau hasil rekapitulasi suara selama pemilu.

 Baca juga: Polisi Tangkap Penyebar Hoaks 22 Mei Terjadi Kerusuhan

"Tidak benar bahwa Babinsa memiliki data, karena kami tidak ditugaskan untuk mendata. Bagaimana kami memiliki hasil kalau perhitungannya saja masih berlangsung," katanya.

Hingga saat ini, Pihaknya akan menelusuri perwira menengah yang diduga menyebarkan informasi bohong itu. Anggota TNI itu akan mendapatkan sanksi sesuai proses internal TNI.

"Proses (hukum) ada dalam kewenangan kami, tidak bisa di luar pengadilan milliter. Yang akan dilakukan adalah penelusuran, penyidikan, penuntutan , pengadilan dalam institusi TNI," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini