nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ustadz Yusuf Mansur Sebut Jihad Bela Prabowo Masuk Neraka, Begini Faktanya

Ade Putra, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 10:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 06 337 2051988 ustadz-yusuf-mansur-sebut-jihad-bela-prabowo-masuk-neraka-begini-faktanya-sbEF9fhvyS.jpg

AKUN Facebook (FB) bernama Akang Haji mengunggah narasi yang isinya mempermasalahkan pernyataan Ustadz Yusuf Mansur yang menyebut bahwa membela Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto adalah jihad yang masuk neraka.

Hingga tangkapan layar ini dibuat, Senin (6/5/2019), postingan akun Akang Haji sudah dibagikan lebih dari 4.000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, kabar bahwa Ustadz Yusuf Mansur pernah menyebut membela Prabowo adalah jihad yang masuk neraka, tidak benar adanya atau hoaks. Ustadz Yusuf Mansur yang akrab disapa UYM melalui akun Instagram-nya @yusufmansurnew mengunggah screenshot berita yang berjudul “Tanggapi People Power, UYM: “Jihad Bela Prabowo “Mati Syahid”, Namun Pasti Masuk Neraka!!” dan menyatakan ini bukan dari dirinya.

“Bukan dari saya. Bukan karakter saya. Dan ga paham siapa yg buat. InsyaaAllah santai. Dinaikin, sbb banyak internal yg nanya. Padahal internal dah tau gaya bahasa saya, hehehe. ..Met zikir sore. Msh ada wkt. Sblm maghrib. Shalawat, tasbih, istighfarnya, dibaca. Bismillaah walhamdulilaah," ujar akun @yusufmansurnew, Kamis (2/5/2019).

Klarifikasi UYM ini pun sudah dimuat di beberapa media daring nasional. "Jika mengacu pada tujuh kategori disinformasi atau misinformasi dari First Draft, unggahan yang dibuat akun FB Akang Haji, masuk dalam kategori Fabricated Content atau hoaks," ujar Dedy Helsyanto, anggota Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dalam debunk-nya, Senin siang (6/5/2019).

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini