nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Ibu Kota Pindah ke Palangkaraya, BMKG: Aman dari Gempa dan Tsunami

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 04 Mei 2019 13:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 04 337 2051467 jika-ibu-kota-pindah-ke-palangkaraya-bmkg-aman-dari-gempa-dan-tsunami-9t0L4ajFGg.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di berbagai kalangan, namun apakah lokasi tersebut aman dari bencana.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono menyebutkan tanah borneo bagian tengah itu relatif aman dari bencana alam gempa bumi.

"Kalau dari faktor kegempaan ya memang Pulau Kalimantan itu memang relatif lebih aman ya dari pulau di Indonesia lainnya," Katanya dalam diskusi Polemik Sindo yang bertajuk Peta Bencana, Risiko dan Pencegahannya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2019).

Berbeda hal di wilayah lain, seperti di pulau Sumatera di pulau tersebut berdekatan dengan pertemuan lempengan

"Kemudian di selatan pulau Jawa, jadi pulau Jawa juga riskan ya. Jakarta itu juga dalam tanda kutip riskan karena sebetulnya kalo ada gempa di Jakarta juga dampak dari sumber gempa yang ada di selatan jawa ya itu sampai berdampak ke Jakarta," ucapnya.

 ss

Jadi, jika dibandingkan dengan daerah lain Kalimantan cukup aman dari gempa.

"Memang dari sejarah kegempaan Kalimantan itu relatif aman ya bukan berarti tidak ada gempa, kalaupun ada gempa itu tidaklah sampai menimbulkan korban serius ya, kalaupun pernah juga magnitudonya dibawah 5 dan mungkin dangkal tapi ada lah rusak. Tapi sejauh ini kayaknya belum sampai ada korban jiwa," bebernya.

Sementara itu, dari sisi ancaman gempa bumi tsunami tentunya memang kalimantan memang relatif lebih aman.

"Gempa bumi dan Tsunami cukup aman tapi ada bencana lain-lainnya kan disana, mungkin ada kebakaran hutan ada banjir dan sebagainya nah ini perlu dikaji lain. Nah kalo dari sisi kegempaan memang Kalimantan relatif aman," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini