nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Operasi Pasar saat Ramadan, Ini Kata Buwas

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 14:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 03 337 2051087 soal-operasi-pasar-saat-ramadan-ini-kata-buwas-KbeW8FshWl.jpg Sembako (Okezone)

JAKARTA - Dirut Bulog Budi Waseso memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok makanan cukup selama memasuki bulan Ramadan dan Lebaran 1440 H. Oleh sebab itu, masih belum diperlukan operasi pasar.

"Secara umum, secara keseluruhannya sudah siap, sembilan bahan pokok semua," kata Buwas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

 Baca juga: Sambut Ramadan, Personel Satpol PP Ditambah untuk Kawasan Tanah Abang

Buwas mengatakan, ketersediaan bahan pokok yang masih kurang cuma terjadi di komoditas bawang putih. Hanya saja, sambung dia, telah ditangani oleh Kementerian Pertanian.

"Sudah ada masuk ke pelabuhan, jadi sudah masuk kalau tidak salah tadi 100 ribu ton. Jadi sudah aman lah," ucapnya.

 Pasar

Buwas menilai, saat ini tak perlu melakukan operasi pasar guna menjaga stabilitas harga bahan pokok makanan untuk menghadapi Ramadan dan Lebaran. Apalagi, stok beras di Bulog telah mencapai 2,1 juta ton.

 Baca juga: Hilal saat Matahari Terbenam pada 5 Mei Penentu Awal Ramadan 1440 H

"Gula sudah banyak, jagung masih, jadi minyak kita punya stok 2 juta koma sekian ya, jadi sudah mumpuni lah," paparnya.

Kendati demikian, purnawirawan jenderal bintang tiga itu menilai, jika ada gejolak kenaikah harga bahan pokok maka pemerintah harus melakukan intervensi dengan cara operasi pasar.

"Daging ayam saya sudah punya banyak, daging kerbau sudah punya banyak, tinggal nunggu perintah nanti, begitu ada kenaikan yang signifikan yang meresahkan masyarakat, ya kita turunkan," jelasnya.

 Baca juga: Saudi Umumkan Operasional di Dua Masjid Suci Selama Ramadan 1440H

Ia pun menyatakan impor daging telah dilakukan sebanyak 7 ribu ton dari India untuk menjaga stabilitas harga bahan makanan. Tapi, ujar dia, impor daging itu telah dilakukan sejak lama.

"Jadi semua sudah oke lah nggak ada yang perlu dikhawatirkan," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini