nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Amankan 150 Orang Terkait Kericuhan saat Peringatan May Day

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 17:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 02 337 2050711 polri-amankan-150-orang-terkait-kericuhan-saat-peringatan-may-day-H15uZAe6xK.jpg Puluhan orang diamankan usai kericuhan saat peringatan May Day di Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/5/2019). (Foto : CDB Yudistira/Okezone)

JAKARTA – Polri saat ini sedang menyelidiki aktor intelektual terkait kericuhan saat peringatan Hari Buruh atau May Day pada 1 Mei 2019. Kericuhan itu dilakukan massa yang mengenakan pakaian serba hitam.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Muhammad Iqbal, mengatakan setidaknya pihaknya sudah mengamankan sekira seratusan orang terkait kericuhan pada Hari Buruh, kemarin.

"Sampai saat ini, kurang lebih ada 150 orang yang telah kami amankan karena melakukan aksinya secara anarkis di Bandung, Surabaya, dan Jakarta," ucap Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatam, Kamis (2/5/2019).

Ia mengatakan, kebanyakan ratusan orang yang diamankan didominasi anak muda. Kemudian pihak kepolisian akan mencari ada atau tidaknya tindak pindana yang dilakukan mereka.

Peringatan May Day 2019 di Tennis Indoor Senayan (foto: Fahreza Rizky/Okezone)

Apabila terbukti melakukan tindak pidana, pihaknya akan meningkatkan kasus itu ke tahap penyidikan. Sebaliknya jika tidak terbukti melakukan tindak pidana atau tidak ada bukti kuat, mereka akan dilepaskan.

"Mayoritas pelaku ini adalah anak-anak muda yang tampangnya juga bersih-bersih ya. Kami akan terus menyelidiki siapa dalang di belakang kelompok ini dan menangkap pelaku lainnya," kata Iqbal.

Selain itu, ia mengungkapkan, dari ratusan orang yang diamankan, pihaknya mengamankan sejumlah alat bukti, di antaranya minuman keras, tombak, dan kaleng cat semprot (piloks).


Baca Juga : Polisi Botaki Pelaku Kericuhan May Day di Bandung

"Kami belum bisa memastikan apakah barang ini berkorelasi dengan perbuatan melanggar hukum mereka, masih kami selidiki," tutur Iqbal.


Baca Juga : Polisi Dalami Dugaan Ada Dalang di Balik Kericuhan May Day di Beberapa Daerah

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini