nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 1 Mei: Hari Buruh Sedunia dan Pemberian Nama Planet Pluto

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 01 Mei 2019 08:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 01 337 2050131 peristiwa-1-mei-hari-buruh-sedunia-dan-sebuah-planet-resmi-diberi-nama-pluto-DqDwpN0sy1.jpg Ilustrasi.

BERBAGAI peristiwa sejarah yang terjadi di berbagai belahan dunia pada 1 Mei. Salah satu yang terpenting adalah bertepatan dengan Hari Buruh Sedunia.

Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi pada 1 Mei yang dirangkum Okezone dari Wikipedia.

1 Mei 1930

Objek ini memiliki nama resmi pada 24 Maret 1930. Setiap anggota Observatorium Lowell diberi hak suara untuk memilih satu dari tiga nama: Minerva (sudah menjadi nama asteroid), Cronus (reputasinya rendah karena diusulkan oleh astronom Thomas Jefferson Jackson See yang kurang tepercaya), dan Pluto. Pluto mendapat suara bulat.] Nama ini diumumkan tanggal 1 Mei 1930.

Pluto

Nama ini pun langsung disambut secara luas. Pada tahun 1930, Walt Disney tampaknya terinspirasi oleh nama ini setelah ia memperkenalkan anjing pendamping Mickey Mouse bernama Pluto, tetapi animator Disney Ben Sharpsteen tidak dapat mengonfirmasi sebab anjing tersebut diberi nama demikian. Tahun 1941, Glenn T. Seaborg mengadopsi nama elemen kimia plutonium dari planet Pluto sesuai tradisi penamaan planet baru. Plutonium diberi nama setelah uranium, dari Uranus, dan neptunium, dari Neptunus

1 Mei 1886

Merupakan penetapan Hari Buruh Sedunia. penetapan tersebut berawal dari Kongres Sosialis yang dilakukan pada bulan Juli 1889 di Paris. 

Penetapan 1 Mei sebagai hari buruh berdasarkan atas peristiwa yang terjadi di Amerika Serikat. Pada tanggal 1 Mei tahun 1886, sekitar 400.000 buruh di AS mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei.

Pada tanggal 4 Mei 1886. Para Demonstran melakukan pawai besar-besaran. Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati, para buruh yang meninggal dikenal sebagai martir. Sebelum peristiwa 1 Mei itu, di berbagai negara, juga terjadi pemogokan-pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil dari para pemilik modal. 

Tidak hanya itu, hari buruh Internasional juga diperingati di Indonesia, bahkan pada masa Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tanggal 1 Mei dijadikan hari libur nasional. 

1 Mei 1961 

Pada tanggal 1 Mei merupakan peristiwa yang bersejarah bagi warga Kuba, kala itu pemimpin negara Kuba, Fidel Castro dengan lantang memproklamirkan Kuba sebagai negara sosialis dan menghapuskan pemilihan umum.

1 Mei 1963 

Wilayah Iran Jaya jatuh kepangkuan Ibu pertiwi. Provisi Papua menjadi bagian Indonesia melalui penyerahan oleh UNTEA, berdasarkan Perjanjian New York 1962.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini